Kelompok Sosial: Pengertian beserta penjelasannya

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Kelompok Sosial – dalam kehidupan tentu kita sebagai manusia tidak akan bisa melepaskan diri dari kehidupan dalam bersosial. Hal ini lantaran manusia memang merupakan makhluk sosial. Selain itu dalam hal berinteraksi pun akhirnya membentuk suatu kelompok sosial yang mana kelompok ini saling mengisi satu sama lainnya. Bayangkan saya jika manusia hidup secara sendiri-sendiri, justru tidak akan bisa bertahan sehingga tidak akan ada kehidupan.

Pengertian Menurut Para Ahli

Kelompok sosial adalah sekumpulan manusia yang berinteraksi satu sama lain dan juga memiliki kesadaran pada suatu keanggotaan di sebuah kelompok bersama. Kelompok di sosial ini bisa tercipta karena tumbuhnya perasaan bersama lantaranya adanya interaksi yang sering terjadi di antara anggotanya. Jumlah dari kelompok di sosial masyarakat ini amat banyak dan dasar pembentukannya pun tidak sama.

Pengertian kelompok sosial menurut para ahli pun pada dasarnya memiliki konsep yang sama yakni adanya timbal balik dan interaksi. Misalnya saja pengertian kelompok sosial menurut George Humans di mana memaknainya sebagai kumpulan individu yang berinteraksi dan mempunyai perasaan dalam membentuk keseluruhan terorganisasi dan timbal balik.

Sedangkan Soerjono Soekanto memaknai kelompok sosial adalah suatu himpunan dan kesatuan antar manusia yang hidup bersama lantaran saling berhubungan dan mempengaruhi dalam timbal balik. Selain mengetahui dari pengertiannya maka anda juga harus tahu juga dengan syarat terbentuknya kelompok sosial antara lain sebagai berikut.

Syarat Kelompok Sosial

  • Masing-masing anggotanya memiliki kesadaran jika ia merupakan bagian dari sebuah kelompok berkaitan.
  • Adanya kesamaan faktor yang ada di anggota dari kelompok tersebut sehingga menjadikan hubungannya bertambah erat. Misalnya saja adanya persamaan nasib, kepentingan, tujuan, ideologi, fisik hingga persamaan lain.
  • Struktur yang ada di kelompok bersosial ini memiliki kaidah dan pola perilaku yang tertentu.
  • Kelompok bersosial juga memiliki sistem dan juga berproses.

Ciri Ciri Kelompok Sosial

Dari pengertian kelompok sosial yang ada, maka bisa kita ketahui juga jika ciri ciri kelompok sosial yaitu:

  • Motif antara satu personil dan personil lainnya adalah sama yakni demi menjadikan kerjasama dan juga interaksi demi meraih tujuan sehingga bisa mudah tercipta.
  • Anggota kelompok pun memiliki kesadaran bahwa ia adalah bagian dari suatu kelompok sosial yang berhubungan satu sama lain.
  • Hubungan timbal balik terjadi sesama anggota.
  • Adanya struktur sosial di mana menjadikan kelangsungan hidup dari kelompok pun tergantung dari anggotanya.
  • Adanya norma, aturan dan kesatuan di kelompok.

Klasifikasi Kelompok Sosial

Kelompok sosial  juga terbagi menjadi beberapa macam antara lain:

  • Berdasar dari cara terbentuknya, ada kelompok semu misalnya kerumunan, massa dan juga publik. Ada juga kelompok nyata, contoh kelompok sosial ini misalnya kelompok statistik, kelompok kemasyarakatan dan kelompok asosiasi.
  • Berdasarkan kualitas hubungan dari tiap anggotanya, ada kelompok primeryang mana hubungan tiap anggota sifatnya informal. Ada juga kelompok sekunder yang mempunyai hubungan dari tiap anggota bersifat formal.
  • Berdasar ikatan dari para anggotanya, ada paguyuban dan patembayan.
  • Berdasar pencapaian tujuannya, ada kelompok formal yang memiliki aturan sendiri dan juga kelompok informal yang memiliki kepentingan bersama meski sifatnya tidak resmi.

Itulah ulasan singkat terkait dengan ulasan ini. Dengan mengetahui pengertian, syarat hingga ciri ciri kelompok sosial beserta contohnya, maka informasi Anda pun kian bertambah. Selain itu, dalam bersosial selalu ada interaksi dan timbal balik. Oleh karena itu ada baiknya untuk selalu berusaha menjaga hubungan ketika bersosial sehingga meski saling berbeda tapi tetap bersatu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *