110 Contoh Kata Baku dan Tidak Baku serta Pengertiannya

Kata Baku dan Tidak Baku

Kata Baku dan Tidak Baku – Manusia bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa. Saat membahas tentang bahasa Indonesia didalam kamus KBBI, tentu Anda sering mendengar istilah kata baku dan tidak baku. Lalu, apa pengertian dan perbedaan dari keduanya? Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan diulas mengenai pengertian sekaligus contoh dari kata yang termasuk baku dengan kata yang tidak baku.

Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku Beserta Contohnya

Pengertian kata baku dan tidak baku sebenarnya seringkali dijelaskan di bangku sekolah, baik SD, SMP bahkan SMA. Kata dalam tatanan bahasa Indonesia yang dikategorikan baku maksudnya adalah kata yang sudah sesuai dan dipakai dalam pedoman atau kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan. Kata yang baku juga dijelaskan sebagai yang ejaan dan aturannya sudah sesuai dengan kaidah bahasa yang benar. Dimana sumber kaidah ini berasal dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Biasanya, kata ini digunakan untuk pengungkapan atau penulisan yang sifatnya resmi. Sedangkan suatu kata disebut tidak baku jika kata yang dipakai atau diucapkan tersebut tidak sesuai dengan KBBI atau kaidah bahasa Indonesia.

Adanya kata yang masuk dalam kategori tidak baku bisa disebabkan oleh salah penulisan dan salah pengucapan. Tak hanya itu, penyusunan kalimat yang tidak benar juga membuat kata-kata yang ada di dalamnya menjadi tidak baku. Kata merupakan unit terkecil atau satuan dari sebuah bahasa. Saat berbicara, pastinya Anda sering menggunakan kata baku dan kata yang tidak baku. Hanya saja, seringkali Anda tidak menyadarinya. Pengertian kata baku sebenarnya sangat sederhana. Dimana artinya adalah kata yang sudah sesuai dengan KBBI. Dan kebalikannya, kata yang tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan KBBI atau kaidah bahasa Indonesia.

Baku atau tidaknya suatu kata adalah persoalan terkait dengan ragam bahasa dan kata dalam penggunaannya. Kata baku dianggap sebagai kata resmi karena seringkali dipakai untuk acara atau kegiatan formal. Sedangkan kata yang tidak baku dikenal sebagai kata tidak resmi. Kata ini biasanya dipakai untuk percakapan sehari-hari. Inilah letak perbedaan kata baku dan tidak baku.

Kesimpulannya, kata baku dan tak baku bisa diaplikasikan oleh siapa saja sesuai dengan kondisi dan situasi tertentu. Sangat aneh rasanya jika Anda mengucapkan kata tidak baku di acara yang resmi karena terkesan tidak sopan dan tidak menghargai kegiatan atau acara. Sebaliknya melakukan percakapan dengan teman, tentu akan terasa aneh dan lucu apabila Anda memakai bahasa yang resmi dan tidak menggunakan kata tidak baku. Berikut tabel contoh kata baku dan  tidak baku yang bisa anda simak.

110 Contoh Kata Baku dan Tidak Baku :

No.Kata BakuKata Tidak Baku
1apotekapotik
2asasazas
3ateisatheis
4astronautastronot
5atletatlit
6atmosferaatmosfir
7ambeienambeyen
8ambulansambulan
9amendemenamandemen
10analisisanalisa
11andalhandal
12amfibiamphibi
13antenaantene
14antreantri
15abjadabjat
16advokatadpokat
17afdalafdol
18akhlakahlak
19aktivitasaktifitas
20aktifaktip
21azanadzan
22balansbalan
23balsambalsem
24batalionbatalyon
25bateraibaterei
26berandalbrandal
27belumbelom
28besokesok
29biosferbiosfir
30blankoblangko
31brankasbrangkas
32budekbudeg
33bujetbudjet
34busbis
35cabaicabe
36capaicapek
37cederacidera
38cendekiawancendikiawan
39cendera matacinderamata / cenderamata
40cengkeramcengkram
41cengkihcengkeh
42cokelatcoklat
43daftardaptar
44debiturdebitor
45dekretdekrit
46depotdepo
47detaildetil
48deviasidefiasi
49diagnosisdiagnosa
50diskotekdiskotik
51distilasidestilasi
52dolardollar
53drainasedrainage
54dramatisasidramatisir
55durianduren
56efektifefektip
57ekstraextra
58ekstremektrim
59ekstremisekstrimis
60ekstroverektstrovert
61eliteelit
62embushembus
63esaiesei
64faksimilefaksimil
65februaripebruari
66fondasipondasi
67formalformil
68fotophoto
69fotokopiphotokopi
70fotosintesisfotosintesa
71frasafrase
72frekuensifrekwensi
73gaibghaib
74geladigladi
75gizigiji
76griyagria
77guagoa
78gubukgubug
79gudeggudek
80hadishadist
81hafalhapal
82hakikathakekat
83hektarehektar
84hierarkihirarki
85hipotesishipotesa
86ijazahijasah
87ikhlasihlas
88influenzainfluensa
89inframerahinfra merah
90imbauhimbau
91inderaindra
92infusinpus
93insafinsyaf
94isaphisap
95intelijeninteligen
96intensinten
97interpretasiinterprestasi
98interupsiintrupsi
99islamiahislamiyah
100istigfaristighfar
101istriisteri
102itermesointermezo
103izinijin
104jadwaljadual
105jagatjagad
106jemaahjamaah
107jenazahjenasah
108jenderaljendral
109judoyudo
110junioryunior

Walaupun tidak tertera dalam kaidah bahasa Indonesia maupun KBBI, bukan berarti kata tidak baku termasuk tidak efektif atau tidak baik. Karena sebenarnya, kata yang baik merupakan kata yang bisa dipahami oleh pendengarnya bukan karena kata tersebut termasuk Kata baku. Karena bahasa dan kata adalah hal yang dinamis dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Hal ini terlihat dari banyaknya kata-kata baru yang bermunculan seiring dengan berjalannya waktu.

Kata yang masuk dalam istilah baku biasanya dipakai untuk pembuatan surat lamaran kerja, karya ilmiah, surat dinas, laporan, nota dinas, pidato, diskusi, surat menyurat antar instansi, lembaga, organisasi dan lain sebagainya. Dalam kamus KBBi, tertera semua kata-kata yang termasuk baku. Contoh kata baku adalah apotek, karena, bus, praktik, daftar, objek, dan lainnya. Sedangkan kata yang tidak baku adalah apotik, karna, bis, praktek, daptar, obyek, dan sebagainya.

Sekarang, Anda sudah memahami maksud dari kata baku dan tidak baku bukan? Apalagi dengan adanya contoh kata baku dan tidak baku yang telah disebutkan tadi, tentu pengertian dari jenis-jenis kata tersebut sangat mudah dimengerti.

Gambar Gravatar
arenabelajar.com merupakan perpustakaan online yang mengulas ragam ilmu pengetahuan untuk media pembelajaran siswa siswa berprestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *