Intervensi Adalah? Berikut Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli

  • 2 min read
  • Mei 31, 2019

Pengertian Intervensi – Istilah Intervensi sering kali muncul dalam berbagai bidang pembahasan seperti dalam bidang hukum, psikologi, keperawatan, dan lain-lain. Dan tentunya setiap istilah yang digunakan dalam bidang yang berbeda akan memiliki pengertian yang berbeda pula. Secara umum, intervensi adalah campur tangan dari sebuah lembaga tertentu terhadap salah satu pihak dari pihak-pihak yang sedang bertikai atau sedang bermasalah.

Tindakan yang dilakukan pada salah satu pihak tersebut biasanya akan merugikan pihak yang lainnya, namun ada juga yang bersifat menguntungkan dan menyelesaikan masalah. Intervensi umunya dilakukan di dunia perpolitikan. Untuk mengenal lebih jauh mengenai arti apa itu intervensi akan dijelaskan di bawah ini.

Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli

Intervensi adalah perbuatan campur tangan yang dilakukan perseorangan / kelompak terhadap pihak lain yang sedang mengalami pertikaian/ permasalahan dengan pihak yang lainnya. Intervensi umumnya hanya akan merugikan salah satu pihak yang sedang mengalami pertikaian. Berikut adalah arti kata intervensi menurut para ahli dengan sudut pandang yang berbeda:

  • Wirjono Prodojodikoro

Dr. Wijono Prodojodikoro mendefinisikan arti intervensi dalam bidang hukum internasional, yaitu suatu campur tangan yang dilakukan oleh pihak ketiga dan bertujuan untuk mengancam atau menekan salah satu pihak lainnya yang sedang bersengketa. Intervensi ini dilakukan agar keinginan dari salah satu pihak tersebut dapat terpenuhi.

  • G. Starke

Pengertian intervensi menurut J.G. Starke adalah kegiatan atau propaganda yang dilakukan suatu negara dengan tujuan agar terjadi perang dingin atau terjadi pertikaian di negara lain.

  • Oppeheiman Lauterpacht

Sedangkan menurut Lauterpacht, interversi adalah campur tangan yang bersifat diktator yang dilakukan kepada urusan negara dengan tujuan memperbaiki kebijakan atau situasi yang kurang baik sebelumnya.

Jenis Jenis Intervensi

Tindakan dari intervensi ini memiliki tujuan yang berbeda-beda. Tidak selalu memiliki tujuan baik, dan tidak pula selalu memiliki tujuan yang tidak baik.  Beberapa tujuannya yang baik di antaranya adalah untuk melindungi kepentingan dan hak-hak warga negara di negara lain, dan untuk pertahanan diri. Sedangkan tujuan negatifnya adalah untuk membuat pertikaian beberapa pihak menjadi semakin kacau.

  • Intervensi kesehatan

Jenis yang pertama adalah intervensi kesehatan. Dalam bidang kesehatan, intervensi artinya melakukan sebuah tindakan yang logis untuk kepentingan pasien atau klien. Tindakan ini biasanya dilakukan berdasarkan instruksi dari dokter atau pihak lain yang memiliki kekuasaan. Tindakan tersebut tidak hanya berasal dari seorang dokter yang berkuasa saja, tapi bisa juga dari keputusan yang didapatkan berdasarkan diskusi dokter dengan perawatnya untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pasiennya.

  • Intervensi keperawatan

Dalam istilah keperawatan, intervensi adalah campur tangan yang dilakukan oleh dokter atau perawat dengan tujuan menemukan solusi terbaik untuk membantu pasiennya. Dengan demikian intervensi keperawatan ini memiliki tujuan yang sangat baik karena dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah yang diderita oleh pasiennya agar cepat membaik.

  • Intervensi pemerintah

Sedangkan dalam istilah pemerintahan, pengertian intervensi adalah suatu tindakan yang dilakukan dari pihak yang memiliki kekuasaan tinggi untuk ikut campur dalam pihak-pihak yang sedang bertikai. Biasanya tindakan ini dilakukan untuk menekan salah satu pihak namun dengan tujuan yang baik. Pada umumnya intervensi pemerintahan ini memiliki tujuan untuk melancarkan perencanaan kerja sebuah pemerintahan agar dapat berjalan dengan baik dan untuk meningkatkan kualitas kebijakan agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Arti kata intervensi pada dasarnya tidak bisa dilihat dari satu sisi saja karena pengertiannya dapat berbeda-beda dalam bidang-bidang tertentu. Pengertian intervensi pemerintahan tentu akan sangat berbeda dengan pengertian intervensi keperawatan ataupun kesehatan. Maka dari itu agar tidak salah persepsi, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu untuk bidang apa kata “intervensi” itu digunakan.