Interaksi Sosial adalah? Pengertian, Bentuk, dan Contoh Interaksi Sosial

  • 2 min read
  • Mei 29, 2019

Pengertian interaksi sosial adalah sebuah hubungan dalam dunia sosial yang terjadi antara satu individu dengan kelompok maupun perseorangan. Tanpa sebuah hubungan sosial maka mustahil untuk menciptakan kehidupan bersama. Karena pada hakekatnya manusia diciptakan sebagai makhluk yang harus bersosialisasi satu dengan lainnya agar saling membantu. Bentuk interaksi sosial terbagi menjadi 2 jenis yaitu kotak positif yang dicontohkan dalam proses jual beli yang sering dilakukan.

Sementara kontak negatif tercermin dalam perdebatan yang berbuah perpisahan karena berlawanan pendapat. Menurut pendapat seorang ahli, interaksi sosial disebutkan sebagai bentuk hubungan saling timbal balik yang terjadi seumur hidup.

Pengertian Interaksi Sosial

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan jika keberlangsungan hidup manusia tidak bisa lepas dari unsur saling bergantung. Karena setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dampak yang ditimbulkan interaksi antar sesama tersebut akan berpengaruh pada dua pihak yang terlibat ketika hadir bersama. Inti pengertian interaksi sosial ialah terciptanya tindakan akibat bertemunya dua orang atau lebih yang berhasil memberi pengaruh tertentu setelah adanya komunikasi.

Beberapa gambar interaksi sosial yang sudah dilakukan masyarakat akan membentuk pola yang dapat mempengaruhi keeratan hubungan dalam kondisi tertentu.

Bentuk Interaksi Sosial

Menurut disiplin ilmu sosiologi, interaksi sosial itu tercipta berdasarkan bentuk hubungan yang terjalin. Bentuk disosiatif mewakili kategori hubungan yang cenderung mengalami perpecahan. Sementara tipe interaksi yang baik disebut asosiatif.

Kedua bentuk tersebut mengarah pada beberapa tindakan yang lebih spesifik. Adapun bentuk hubungan positif diantaranya adalah asimilasi yang diwujudkan dalam kegiatan penggabungan tradisi lama dan baru sebuah daerah.

Jenis hubungan positif meliputi hubungan kerja sama yang sudah sangat umum dilakukan. Pengertian interaksi sosial kerja sama yaitu sebuah usaha berdasarkan kesepakatan dua belah pihak untuk mencapai sebuah hal baik yang disebut sebagai tujuan bersama.

Dalam pelaksanaan salah satu bentuk kerja sama berupa kooptasi akan menemui syarat tertentu untuk memperbaiki perpecahan dalam suatu kelompok. Contoh interaksi sosial misalnya keputusan pemerintah RI dalam menjaga persatuan rakyat Aceh dengan membuat keputusan yang berisi persetujuan tentang penegakan hukum islam di provinsi tersebut.

Jenis interaksi sosial yang bertujuan baik lainnya yaitu akomodasi. Hubungan sosial yang satu ini menjadi salah satu solusi untuk meredakan permusuhan agar kondisi masyarakat bisa kembali stabil.

Tindakan akomodasi bisa berupa paksaan, tekanan, ancaman, sampai kekerasan. Contoh nyata yang sering terjadi yaitu penertiban pengemis dan pedagang dengan lapak tanpa ijin yang mengganggu ketertiban fungsi jalan.

Contoh Interaksi Sosial

Pengertian interaksi sosial yang disosiatif dibagi menjadi 3 tipe yaitu persaingan, kontravensi, dan konflik. Setiap tipenya memiliki ciri khas masing-masing yang digunakan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Contoh sisi kehidupan yang menerapkan kompetensi (persaingan) sebagai sebuah interaksi sosial adalah dunia olahraga. Peraturan dan even dibuat untuk membuat kompetisi lebih adil seperti penyelenggaraan piala Thomas&Uber untuk permainan bulu tangkis.

Sementara kontraversi lebih cenderung tercipta karena perasaan setiap orang. Interaksi sosial persaingan ini biasanya dimulai dari pandangan seseorang yang cenderung tidak suka dengan sesuatu hal pada diri orang lain seperti kepribadian.

Levelnya mulai dari keraguan sampai kebencian yang mendalam. Contoh kejadiannya bisa terlihat saat pemilihan ketua OSIS. Calon ketua OSIS pasti lebih dari satu orang. Tidak semua orang mendukung calon A atau B. Terlihat seperti dua kubu yang berperan sebagai pendukung dan penentang. Demikian informasi mengenai pengertian interaksi sosial beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *