Pengertian Integritas dan Contoh Pakta Integritas

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019

Integritas adalah sebuah istilah yang berasal dari kata integer dalam Bahasa latin yang berarti keteguhan sikap, prinsip dan etika moral yang tidak akan melakukan tindakan korupsi dan melanggar norma-norma etika yang berlaku. Arti integritas juga dapat berupa sikap dan perilaku yang teguh dalam berpendirian untuk bertindak dan mengambil keputusan apapun resikonya sesuai dengan norma-norma tertentu. Arti integritas yang lain yang lebih sederhana adalah sikap seseorang yang jujur terhadap kebenaran.

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

Pengertian integritas sudah dikemukakan oleh banyak ahli terutama ahli dari ilmu sosial dan ilmu politik. Andreas Herafa memberikan pengertian integritas melalui tiga sisi atau tiga segi. Integritas adalah sikap seseorang yang menunjukkan tindakan kejujuran, komitmen dan tindakan yang konsisten.

Seseorang bekerja dengan menunjukkan informasi dan kebenaran adalah sikap yang menunjukkan kejujuran, Perilaku yang tidak membocorkan rahasia dan selalu menepati janji adalah perilaku yang menunjukkan komitmen. Tindakan yang konsisten dapat ditunjukkan dengan tidak adanya kesenjangan antara perilaku dan perkataan. Karena pentingnya sikap integritas tersebut, maka sering dibuat pakta integritas.

Apa itu integritas menurut Stephen Covey yang dikemukakan di tahun 2006 dituangkan dengan bahasa yang singkat. Integritas adalah melakukan segala sesuatu yang sudah kita janjikan atau ikrarkan atau katakan untuk dilakukan. Sehingga diperlukan sikap yang konsisten terhadap apa yang sudah dikomitmenkan akan dilakukan.

Apa itu integritas dan arti penting untuk bersikap berintegritas? Arti penting bersikap dengan berintegritas adalah karena ada kaitannya dengan nama baik. Jika tidak bersikap dengan berintegritas akan mengotori dan mencemari nama baik tidak hanya diri sendiri tetapi keluarga dan orang-orang terdekat bahkan masyarakat umum juga dapat terkena imbasnya.

Arti penting untuk menerapkan integritas adalah diperlukan adanya pengorbanan. Agar dapat membangun sikap ini, maka dibutuhkan pengorbanan waktu, uang tenaga yang mungkin tidak terbayarkan. Sikap berintegritas ini akan mulai terbangun dan mengakar dalam diri jika sudah dibiasakan dan diterapkan seiring dengan pengambilan keputusan-keputusan penting dalam hidup. Sikap ini juga menumbuhkan sikap tahan uji dan kemampuan untuk memimpin dan mengelola diri sendiri dan orang lain.

Pengertian Pakta Integritas

integritas

Pakta integritas sendiri mengandung pengertian  pernyataan diri sendiri yang dengan keyakinan penuh akan melaksanakan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang dibebankan kepada dirinya sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku. Dalam aplikasinya, contoh pakta integritas dituangkan dalam dokumen yang berisi janji dan ikrar.

Contoh Pakta Integritas

Contoh pakta integritas dapat berupa penandatanganan dokumen tersebut yang disaksikan oleh atasan maupun orang-orang penting dalam mengemban kedudukannya. Contoh yang paling sederhana adalah penandatanganan dokumen pakta oleh calon pegawai negeri sipil dihadapan atasannya.

Dokumen pakta integritas yang ditandatangani tersebut juga akan dievaluasi dan dimonitoring pelaksanaannya. Salah satu contoh nyata di kementrian adalah dikeluarkannya surat edaran menteri keuangan tentang zona integritas untuk pelaksanaan pembangunan yang bersih dan bebas dari korupsi. Zona integritas di wilayah kementrian ini akan dimonitoring dan dievaluasi secara berkala sesuai dengan ketetapan undang-undang yang sudah berlaku dengan pelaporan ke masing-masing pejabat eselon.

Secara keseluruhan integritas adalah sikap dan perbuatan yang jujur dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran. Jika sedikit saja melanggar integritas diri sendiri, akan ada riak kecil dalam moral dan tatanan komitmen yang sudah diikrarkan. Sehingga sikap yang integritas ini penting karena akan membantu sikap dan mental untuk tidak alergi terhadap kritikan dan saran dari orang lain.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *