Inflasi Adalah ? Pengertian, Dampak, dan Penyebab Inflasi di Indonesia

  • 2 min read
  • Jul 28, 2019

Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga barang secara umum dan berkelanjutan dikarenakan oleh pengaruh beberapa faktor. Inflasi menjadi tolak ukur atas perekonomian suatu negara. Untuk mempelajari lebih jauh dan mendalam, mari kita simak penjelasan mengenai arti inflasi dan segala yang berhubungan dengan hal ini. Mendengar kata ini pasti membuat pikiran kita tertuju ke arah perekonomian atau keuangan bangsa.

Sebenarnya, apa itu inflasi? Keadaan perekonomian dimana nilai mata uang mengalami penurunan secara terus menerus atau dengan kata lain nilai mata uang tidak sebanding dengan nilai suatu barang adalah kondisi dimana suatu negara mengalami inflasi.

Pengertian Inflasi

Pengertian inflasi lebih ke arah prosesnya yaitu jika dirasakan nilai mata uang bergerak menurun secara terus menerus. Maksudnya disini adalah kondisi ketika nilai mata uang terhadap suatu barang terus menerus mengalami penurunan. Akan tetapi, harga barang yang tinggi tidak selalu berarti bahwa perekonomian sedang mengalami inflasi.

Bisa dikatakan bahwa arti inflasi adalah lebih ke arah proses yang sedang berlangsung. Penyebab inflasi bisa berasal dari beberapa faktor. Faktor yang pertama adalah faktor-faktor yang datang dari dalam negeri seperti kelebihan nilai tukar atau uang yang beredar di masyarakat dan kurangnya produksi barang. Jumlah barang yang tidak sebanding dengan jumlah permintaan yang pada akhirnya akan menyebabkan tingginya harga barang.

Inflasi adalah suatu proses yang menjadi momok bagi perekonomian bangsa. Tingginya harga barang akan membuat masyarakat kesulitan untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan walaupun mereka memiliki uang. Inilah dampak inflasi secara umum yang akan langsung dirasakan jika suatu negara mengalami penurunan nilai mata uang.

Penyebab dan Dampak Inflasi

Penyebab inflasi juga bisa berasal dari faktor luar negeri yaitu ketika harga import barang meningkat terlalu drastis sehingga menyebabkan ketidakmampuan perekonomian dalam negeri mendapatkan barang yang dibutuhkan. Dengan mengetahui bahwa inflasi adalah hal yang menakutkan dan bisa menyebabkan kebangkrutan, banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kestabilan nilai mata uang seperti meningkatkan produk dalam negeri, selalu menjaga ketersediaan barang kebutuhan dan banyak hal lainnya.

Negara ini juga pernah mengalami penurunan nilai mata uang hingga mencapai nilai yang fantastis. Namun tingkat inflasi indonesia masih dalam tahap atau nilai yang cukup aman dan tidak membahayakan. Semua pihak yang terkait baik itu pemerintah, produsen dan konsumen harus saling bahu membahu dalam mengatasi inflasi. Memberikan pemahaman mengenai pengertian inflasi dengan segala penyebab dan dampaknya merupakan permulaan yang baik.

Inflasi indonesia saat ini berada pada angka 8,5 persen per tahun. Nilai ini bisa dikatakan masih tinggi dibanding dengan negara lain yang berada di kisaran 3-5 persen per tahun. Secara singkat, dapat dikatakan bahwa inflasi adalah barometer yang menggambarkan kemampuan suatu bangsa dalam menjaga ketersediaan barang dan nilai mata uangnya.

Jika pengertian inflasi adalah proses menurunnya nilai mata uang, maka deflasi adalah kebalikannya. Deflasi adalah ketika nilai barang semakin jatuh dan nilai uang bertambah. Inflasi dan deflasi merupakan satu proses saling bertolak belakang.

Dari sedikit penjelasan diatas, apakah Anda sudah sedikit memahami mengenai apa itu inflasi? Demi menghindari dampak inflasi yang tidak baik, disarankan Anda sebagai konsumen untuk pintar dalam memilih barang. Jika harga barang sudah semakin tinggi, mungkin Anda bisa menggunakan alternatif menggunakan barang yang lain.

Pada kesimpulannya, inflasi adalah suatu periode dimana harga-harga secara umum merangkak naik sedangkan nilai mata uang semakin turun meskipun jumlah uang yang beredar terbilang banyak. Perekonomian bangsa yang sehat dapat dilihat dari nilai inflasi dan deflasinya yang tidak pernah mencapai angka yang tinggi.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *