Materi Mitokondria Lengkap Beserta Fungsi, dan Gambar Struktur

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019

Fungsi Mitokondria – Dalam ilmu Biologi, ada banyak materi yang harus dipelajari mulai dari bagian paling besar dan tampak oleh mata hingga bagian-bagian paling kecil dan tak tampak oleh mata sekalipun seperti materi tentang mitokondria misalnya. Mitokondria ini termasuk dalam bagian mikroskopis dalam sel yang, untuk melihatnya saja membutuhkan sebuah alat khusus. Lantas apa sih sebenarnya organisme ini dan apa fungsinya? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Di dalam sebuah sel terdapat bagian-bagian tertentu yang memiliki peran masing-masing. Mitokondria adalah bagian dari badan energi sel yang mana di dalamnya berisi protein dan berfungsi untuk mengubah energi menjadi ATP. Mitokondria ini juga bisa dibilang sebagai sebuah sel tunggal yang berfungsi sebagai tempat terjadinya respirasi pada makhluk hidup baik manusia, tumbuhan dan juga hewan. Bagian dari sel ini juga tersusun dari struktur-struktur tertentu seperti.

Struktur dan Fungsi Mitokondria :

1. Membran Luar
Seperti namanya, struktur ini berada di bagian paling luar dari sel tunggal ini. Pada bagian membran luar ini banyak mengandung enzim-enzim tertentu yang nantinya sangat berperan dalam membantu proses biosintesis makhluk hidup.

2. Membran Dalam
Struktur mitokondria satu ini memiliki bentuk yang berkerut, dan punya banyak lipatan di dalamnya. Lipatan-lipatan mitokondria ini juga memiliki fungsi khusus yaitu untuk membantu dalam pembuatan energi.

3. Ruang Antar Membran
Struktur penyusun mitokondria selanjutnya adalah ruang antar membran. Bagian ini berada diantara membran dalam dan membran luar. Fungsinya adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi-reaksi yang penting untuk sel. Di dalam bagian yang juga dikenal dengan nama matriks ini terdapat bagian-bagian yang penting seperti materi genetik (DNA), ribosom dan ion-ion penting lainnya.

Sama seperti bagian lain dari tubuh, sel tunggal ini juga memiliki fungsi khusus. Fungsi mitokondria ini tergolong sangat penting, karena jika dilihat dari strukturnya, di dalamnya terdapat bagian yang sangat penting yaitu DNA dan ribosom yang merupakan materi genetik bagi makhluk hidup.

Berdasarkan pengertian mitokondria seperti yang dijelaskan di atas, sebagai sebuah bagian di dalam sel, mitokondria ini memiliki fungsi tertentu. Sel tunggal ini memiliki fungsi yang banyak dan berperan penting di dalam tubuh makhluk hidup. Fungsi mitokondria yang utama adalah sebagai pabrik yang memproduksi energi sel dalam bentuk ATP. Sel tunggal ini juga berperan penting untuk mematikan sel-sel tertentu dalam tubuh yang tidak dibutuhkan. Proses ini secara alamiah sudah diprogram oleh tubuh. Jadi ketika ada sel-sel yang tidak dibutuhkan seperti sel yang mengandung racun atau penyakit akan secara otomatis dimatikan oleh mitokondria ini.

Selain fungsi mitokondria yang utama yang sudah dijelaskan sebelumnya, sel tunggal ini juga memiliki fungsi lain yang tak kalah pentingnya. Beberapa diantaranya, mitokondria berfungsi dalam sistem metabolisme di dalam tubuh, baik untuk menghasilkan energi yang digunakan dalam metabolisme serta mengelola setiap aktivitas metabolisme di dalam sel. Fungsi lain yang tak kalah penting adalah untuk membangun beberapa bagian tertentu dari darah dan beberapa hormon seperti hormon esterogen dan progesteron.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang sel tunggal yang disebut mitokondria. Setiap bagian dalam tubuh pasti memiliki peran masing-masing yang tak bisa dianggap remeh, termasuk bagian paling kecil seperti sel sekalipun. Hal ini terbukti dari bagian sel yang disebut dengan mitokondria. Jika dilihat berdasarkan gambar mitokondria, struktur dari sel tunggal ini tergolong kompleks. Hal ini sebanding dengan fungsi mitokondria bagi tubuh yang begitu kompleks.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *