10+ Contoh Text Anekdot Lucu dan Cerita Anekdot Singkat

  • 11 min read
  • Mei 26, 2019

Contoh Text Anekdot – Secara harfiah dapat dipahami bahwa pengertian teks anekdot adalah jenis text atau cerita yang sengaja dibuat untuk menyampaikan sebuah informasi dengan gaya humor. Biasanya jika membaca teks jenis ini, maka akan dapat menimbulkan tawa pada setiap pembacanya. Sehingga teks jenis anekdot ini sering kali dianggap sebagai salah satu media hiburan. Teks satu ini juga memiliki struktur tersendiri dalam penulisannya yang membedakan dengan teks-teks jenis lainnya.

Lalu bagaimana struktur penulisan dan contoh teks anekdot singkat ? Agar dapat lebih memahami tentang teks anekdot, maka perhatikan ulasan struktur text anekdot beserta contoh teks anekdot singkat dan lucu berikut ini.

Struktur Teks Anekdot  dan Contohnya :

Pada dasarnya setiap teks memiliki struktur tersendiri dalam setiap penulisannya, demikian pula dengan teks anekdot ini. Teks jenis in memiliki beberapa struktur penulisan, yaitu sebagai berikut.

1. Abstraksi
Abstraksi dapat dipahami sebagai pendahuluan dari teks jenis anekdot ini. Setiap contoh teks anekdot harus memiliki bagian Abstraksi ini . Sebab bagian ini menjelaskan secara ringkas maksud dari penulisan tersebut. Sehingga dengan membacanya, maka orang-orang akan memiliki pengetahuan dasar terlebih dahulu terkait isi teks tersebut.

2. Orientasi
Selanjutnya struktur teks jenis anekdot berikutnya adalah orientasi. Orientasi merupakan bagian dari teks yang memuat tentang latar belakang dari persoalan yang diangkat pada teks tersebut. Pada bagian ini setidaknya terdapat keterangan tentang mengapa persoalan itu perlu di bahas. Sehingga pembaca dapat memahami esensi dari masalah dalam teks tersebut.

3. Krisis
Krisis atau masalah merupakan aspek yang harus ada dalam setiap contoh teks anekdot. Pada bagian ini, persoalan yang diangkat dalam teks tersebut kembali diperjelas. Sehingga para pembaca benar-benar mengetahui arah dan tujuan dari teks itu sendiri.

4. Reaksi
Lazimnya ketika ada suatu masalah, maka akan ada upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pada setiap contoh anekdot, reaksi dapat memuat langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Koda
Struktur teks yang terakhir ialah Koda. Koda pada dasarnya merupakan bagian kesimpulan dari teks anekdot yang Anda buat. Pada bagian ini terdapat penegasan antara masalah dan solusi dari permasalahan tersebut. Dengan demikian pembaca dapat lebih meyakinkan lagi akan isi kandungan yang terdapat dalam teks tersebut.

Contoh Text Anekdot Tentang Bisnis

Manajer dan Pengemis

Pada suatu hari seorang manajer bertemu dengan seorang pengemis. Kemudian terjadilah perbincangan alot.
Manajer : “Pak abis ngemis ya, pasti capek” tanya manajer.
Pengemis : Pengemis menjawab dengan nada datar “biasa saja, bahkan tadi saya telah makan tiga kali”.
Manajer : Manajer kaget mendengar jawaban pengemis tersebut. “Tadi saya juga baru selesai makan bersama keluarga saya di resto siap saji” lanjut pengemis. Manajer penasaran, “memang gaji bapak berapa?”.
Pengemis : Pengemis mulai menjawab dengan detail yang pada akhirnya menyebutkan angkat 25 juta per bulan. Tentunya hal ini membuat manajer kaget, karena Ia saja hanya bergaji 8 juta sebulan dan berlatar belakang pendidikan S-2.

Contoh Teks Anekdot Sindiran

Sihir Penghapus

Didit dan adit duduk berdampingan dan berkonsenrasi mengerjakan soal ujian. Seperti biasanya didit tidak mempunyai penhapus.

Didit : dit, pinjem penghapus.
Adit : hmm baru beli ini. Penghapus yang kemarin kamu pijem dimana?
Didit : hmm kemarin kan dipinjam ayu penghapusnya.
Adit : ya itu tanggung jawabmu. Kamu yang pinjem kan awalnya.

Didit hanya terdiam, memang dia yang lupa meminta penghapus adit yang dia pinjamkan ke ayu.

Ujian akhirnya selesai, didit, adit, dan dodot mekan di kanting seklah.

Dodot : adit, kamu kermarin bilang mau belajar sulap yang kemarin?
Adit : gak ah, aku mau belajar ke adit aja.
Didit : dari kapan aku bisa? Orang aku gak bisa.
Adit : bisa. Kan tiap hari kamu udah sihir penghapus aku jadi menghilang kan?

Dodot dan didit diam, didit menundukan kepala karena malu.

Didit : iya, pulang sekolah aku ganti ditttt.

Masalah pun selesai, mereka kembali membahas sulap dodot.

Contoh Teks Anekdot Lucu

Tukang Roti dan Pelanggannya

Di pagi yang sejuk, tukang roti berkeliling di perumahan dan membunyikan bel khasnya.

Ada anak kecil keluar dari rumahnya kemudian memanggil tukang roti yang sedang lewat.

Pembeli : jual roti apa aja, kang?
Penjual : banyak, langsung dipilih aja.

Pembeli menunjuk satu satu roti yang ada di etalasenya. Penjual dengan telaten mengucapkan roti rasa coklat, duren, mangga, daging, dan lainnya

Pembeli : bapak gak serius jualan roti ya? Kok nyebutin buah buahan mulu.
Itu roti yang beneran yang mana ya?!
Penjual : ini semua roti beneran, rasanya aja yang buah buahan
Pembeli : ngaco ih. Mana ada roti seperti itu
Penjual : *temenung*, yaudah saya tidak jual roti ke kamu dek.

Contoh Anekdot Lucu

Suara Alarm

Pada suatu hari rete dan temannya setuju berangkat liburan ke puncak yang memiliki udara sejuk dan dekat alam.

Pada malam hari, mereka mengobrol dengan menyalakan api unggun. Tiba tiba rere menyakan suatu hal ke ayu mengenai bunyi alam yang seperti apa sebenarnya. Ayu menggelengkan kepala karena dia sendiri juga penasaran.

Ketika ayu menunggu, rere tiba tiba bernyanyi “ada mbah dukun, sdang obatin pasiennya” dengan nada yang tinggi.

Ayu sebal dan memukul rere dengan pelan, “ itu alam penyayi dangdut”
Rere, ayu dan teman teman terbahak bahak tertawa.

Contoh Text Anekdot Lucu Tentang Sosial

Abstraksi

Dalam satu malam yang mencekam, ada seorang kakek tunawisma yang berjalan di jalan yang sepi serta akan menyebrang jalan. Ia tampak miskin, dapat dinilai dari pakaian yang ia gunakan compang camping.

Orientasi

Akan tetapi baru satu langkah ia berjalan untuk menyebrang, tidak diduga saja ada satu mobil secara cepat melintas di hadapannya. Langsung berteriak dengan keras serta mulai menangis tersedu-sedu.

Krisis

Mobil itupun berhenti, serta pengemudinya bergegas keluar mendekati sang kakek yang mungkin ia tabrak barusan. Tampilan pengemudi itu seperti orang kaya! Berjas hitam serta terlihat modis. Ia juga menanyakan pada si kakek, “Apa saya barusan menabrak Anda?”

Rekasi

Dengan ramahnya sang Kakek menjawab, “Tidak nak tampan”. Lalu si pengendara mobil menanyakan satu kali lagi. “Atau kakek tengah kelaparan serta coba menyebut pertolongan dengan car amenjerit serta menangis?”. Si kakek menjawab kembali pertanyaan itu dengan jawaban Tidak. Si pengemudi pasti kebingungan dengar jawaban si kakek. “Lantas apakah yang membuat kakek menjerit serta menangis?”

Koda

Sambil berbalik tubuh akan pergi tinggalkan si pengemudi, sang kakek menjawab “Waktu kamu melintas barusan, ban mobilmu sudah sempat melindas kaki karena itu saya menjerit!”

Contoh Text Anekdot Singkat Tentang Hukum

Abstraksi

Ada seseorang nelayan muda yang barusan dijebloskan ke penjara.

Orientasi

Di hari pertama ia mendekam di penjara, narapidana sampingnya bertanya tentang mengapa ia sampai dipenjara :

Narapidana : “Kamu masih tetap muda kok telah masuk penjara, kejahatan apakah yang sudah kamu kerjakan?”

Nelayan : “Saya cuma mengambil ikan”

Narapidana : “Selalu kamu divonis berapakah tahun?”

Nelayan : “Cuma divonis hukuman seumur hidup dengan waktu eksperimen 2 tahun.”

Krisis

Dengan perasaan heran, si narapidana itu bertanya lebih jauh lagi sebab ini termasuk aneh

Narapidana : “Hanya mengambil ikan kamu dapat diberi hukuman seberat ini? Memang ikan apakah yang sudah kamu curi? Paus langka?”

Nelayan : “Berikut, saya coba membom ikan di dalam waduk dengan satu detonator atau bom kecil. Lalu sukses, ada 3 ekor ikan mengambang di permukaan air sesudah alat yang saya pakai meledak”

Narapidana : “Wah jika hanya itu harusnya beberapa waktu saja, tidaklah sampai seumur hidup dong?!”

Nelayan : “Belumlah tuntas, masalahnya ialah sesudah ikan yang mengapung, selang beberapa saat ada 2 mayat penyelam yang turut mengapung!”

Reaksi

Narapidana : “Wahahaha patut saja kamu masuk penjara, nyatanya bukan sekedar ikan yang sukses kamu bom. Bahkan juga penyelam yang tidak bedosa saja turut terserang bom”

Koda

Gelak tawa mereka mulai mereda. Sesudah pembicaraan singkat tentang tentang si nelayan muda masuk penjara serta divonis seumur hidup mereka meneruskan pembicaraan dengan bahasan lainnya.

Contoh Text Anekdot Singkat Lucu

Ada dua orang juragan yang ikut serta dalam session bertanya jawab serta suasananya cukuplah mengherankan.

Juragan 1: “Ada burung Beo yang telah di ajarkan dua bhs sekaligus juga, serta burung Beo barusan dapat menirukan dengan bagus, satu bhs Inggris serta yang ke dua bhs Rusia. Menjadi jika ditarik kakinya yang kanan, burung Beo akan biacara bhs Inggris serta jika ditarik kakinya yang kiri burung Beo akan bicara bhs Rusia, hebatkan!”
Juragan 2: “Hebat-hebat!”
“Bagaimana jika ke-2 kakinya ditarik?” bertanya presiden 1.
“Wah tentu burung Beo barusan dapat dua bhs sekaligus juga!” jawab presiden 2.
“Salah”.
“Oh mungkin dua bhs barusan jadi campur aduk!”.
“Salah”.
“Atau salah satunya tuturnya akan ketukar, satu bhs Inggris serta kata ke-2 bhs Rusia”.
“Salah”.
“Loh … menjadi bagaimana donk?”.
“Yang pasti jika ke-2 kakinya ditarik, burung Beonya akan jatuh dari sarangnya, bego!”.
“Eh janganlah main-main ya, gini-gini gua presiden, walaupun cuma didalam rumah tangga, waktu lu katakan bego!”.

Serta selang beberapa saat juga burung Beo itu menirukan beberapa kata itu.
“Juragan bego … presiden bego … presiden bego!” nada burung Beo terdengar berkali-kali.

  • Abstraksi: Ada dua orang Juragan yang ikut serta dalam session bertanya jawab.
  • Tujuan: Suasananya cukuplah mengherankan.
  • Krisis: “Yang pasti jika ke-2 kakinya ditarik, burung Beonya akan jatuh dari sarangnya, bego!”.
  • Reaksi: “Eh janganlah main-main ya, gini-gini gua Juragan, walaupun cuma didalam rumah tangga, waktu lu katakan bego!”.
  • Koda: “Juragan bego … Juragan bego … Juragan bego!” nada burung Beo terdengar berkali-kali.

Contoh Text Anekdot Singkat Tentang Kesehatan

Disiang hari yang panas, ada seseorang pria hadir kerumah sakit dengan ke-2 telinganya yang terserang luka bakar, Dokter : “Kenapa telinga anda” Pasien : “Begini dok, barusan saya tengah menyetrika baju saya, nah waktu saya tengah menyetrika, tidak diduga telephone bordering, sebab reflek, saat itu seketrika yang saya pegang saya lekatkan ditelinga kanan saya dok.” Dokter: “ Ooo.. saya memahami aduan anda, selalu telinga yang satunya lagi mengapa ? Pasien : “ Lah itu dok si bego itu nelpon lagi“

Sisi sisi susunan dari narasi anekdot ( Kesetrika ) di atas:

  • Abstrak : Disiang hari yang panas
  • Tujuan : seseorang pria hadir kerumah sakit dengan ke-2 telinganya yang terserang luka bakar
  • Krisis : Pasien : “Begini dok, barusan saya tengah menyetrika baju saya, nah waktu saya tengah menyetrika, tidak diduga telephone bordering, sebab reflek, saat itu seketrika yang saya pegang saya lekatkan ditelinga kanan saya dok.
  • Reaksi : “ Ooo.. saya memahami aduan anda, selalu telinga yang satunya lagi mengapa ?
  • Koda : Lah itu dok si bego itu nelpon lagi.

Contoh Text Anekdot Singkat Tentang Lingkungan

Abstraksi

Banjir adalah kejadian alam yang sering berlangsung di sejumlah kota besar di Indonesia terutamanya ibu kota terkasih, Jakarta. Pada tahun 2015 tempo hari jadi berita utama di beberapa media berita.

Orientasi

Sangat banyak yang meliput tentang begitu memperihatikannya keadaan ruang yang terserang banjir.

Krisis

Akan tetapi dalam peliputan berita, beberapa jurnalis sering alami kesusahan dalam lakukan laporan banjir besar yang menempa, sebab orang Jakarta tidak mengukur dengan unit ‘centimeter’, ‘meter’, serta ‘inchi’. Tetapi memakai ukuran sendiri, yakni dengan ukuran ‘mata kaki’, ‘dengkul’, ‘betis’, ‘pinggang’, bahkan juga ‘dada’!.

Reaksi

Apalah daya si jurnalis itu, harus ia mesti masih memberikan laporan berita sesuai dengan pemikirannya.

Koda

Pada akhirnya liputan tentang banjir masih dapat terwujud dengan baik dengan memakai ukuran cm..

Kumpulan Contoh Cerita Anekdot Lucu :

Jin Sakti Pemberi Permintaan

JIN : HALLO GUUUYYYYSSSS, Kalian telah membangunkan saya dari tidurku katakan 1 keinginan kalian?
Remaja 1 : wooww asiiiiiik, saya meminta BIR/Minuman Keras terenakkkkkkkkk!!!
JIN : OKEEEE (di siapkanlah ruang dengan penuh bir berkualitas dunia untuk 10 tahun)
Remaja 2 : Giliran gue nih, gue meminta cewek yang asiiiiik banget !!
JIN : Itu mah gampaang! (disiapkannya ruang dengan cewe cantik cantik saat 10 tahun)
Remaja 3 : jika gue mah, meminta rokok yang sangat UWENAAAAK !
JIN : NIH MAKAN TUH ! (disiapkannya ruang penuh dengan rokok dari semua dunia saat 10 tahun)
10 tahun lalu!
Keluarlah mereka dari tempat persembunyiannya semasing ..
Remaja 1 jalan sempoyongan serta pada akhirnya wafat sebab kebanyakan minum bir…
Remaja 2 jalan dengan begitu lemas sebab terserang AIDS
Remaja 3 jalan dengan gagah…
JIN terheran heran lantas menanyakan : kok lo sehat sangat?
Remaja 3 : JIN KAMPRET ! korek apinya manaaa?
========================================================================

Supir Taksi Gokil

Susi mesti bekerja sampai tengah malam dikantornya. Saat ingin pulang Susi menyetop taksi untuk mengantarnya pulang. “Kebon Jeruk ya Pak“
Sopir taksi itu cuma menggangguk, saat perjalanan tidak berlangsung pembicaraan pada Susi serta Sopir Taksi, mungkin Susi terasa lelah sebab bekerja sampai tengah malam. 20 menit lamanya keheningan berlangsung, tidak diduga Susi ingat jika uang yang dibawa kurang untuk membayar biaya taksi.
Susi lantas menepuk bahu Sopir taksi dengan tujuan berhenti dahulu dimuka untuk ambil uang di ATM.
Tetapi tidak diduga sesudah pundaknya ditepuk oleh Susi Sopir taksi itu dengan membabi buta membanting setirnya ke kanan lalu ke kiri sekalian berteriak dengan histeris, hingga kemudian taksi itu menabrak satu pohon.
Untung Susi serta Sopir Taksinya tidak alami luka yang cukuplah kronis. Sopir Taksi itu lalu mohon maaf pada Susi. “Maaf ya Bu, Ibu tidak apa-apa? Ibu sich make nepuk bahu saya, kagetnya 1/2 mati bu!!”
“Lho, masa sich ditepuk pundaknya saja kaget??
“Soalnya hari ini pertama saya menjadi sopir Taksi, Bu”
“Emangnya pekerjaan ayah awal mulanya apakah??“
“Selama 20 tahun saya menjadi SOPIR MOBIL JENAZAH”
========================================================================

Beras Warisan Sang Istri Tersayang

Lebih dari empat puluh tahun hidup berdua dengan sang istri, Bardhono masih tetap saja ingin tahu dengan satu rahasia yang disimpan rapat oleh istrinya. Rahasia itu berbentuk satu peti besi yang terkunci serta di taruh di kolong tempat tidur saat berpuluh-puluh tahun. Sampai pada akhirnya saat ini istrinya tengah tergolek sakit, serta Bardhono juga duduk di sebelahnya sekalian mengelus-elus tangannya.

Sebab masih tetap ingin tahu dengan rahasia itu, jadi Bardhono menanyakan, “Istriku, maukah kau bercerita rahasia isi peti besi di kolong tempat tidur ini?”
“Mas, maukah kau janji akan memaafkan saya sesudah tahu rahasiaku itu?” pinta sang Istri.
“Tentu dik, saya akan memaafkan kamu,” jawab Bardhono spontan.
“Bukalah peti itu,” kata istrinya sekalian menyerahkan satu anak kunci.
Bardhono juga selekasnya menarik peti dari kolong tempat tidur. Dikit terperanjat, sebab dalam peti itu dilihatnya empat kaleng beras serta setumpuk uang sejumlah satu juta rupiah.
Lantas dengan nada terbata-bata istrinya berkata, “Mas… saya meminta maaf, saat kita hidup menjadi suami istri, saya tidak seutuhnya setia kepadamu. Setiap saat saya lakukan selingkuh, saya simpan sekaleng beras ke peti itu.
Terharu dengan pernyataan istrinya, Bardhono juga menjawab, “Istriku, saya juga meminta maaf. Sampai kini saya juga tidak setia kepadamu. Terpenting waktu kau hamil dahulu. Kamu hanya 4x, sedang saya semakin banyak dari itu, menjadi saat ini kita kira saja seri.”
Bardhono terdiam sesaat serta lantas menanyakan dengan penuh perasaan pingin tahu, “Tapi omong-omong uang yang satu juta rupiah itu untuk apakah?”
“Ooo…. dahulu jika petinya telah mulai penuh beras, jadi beras itu saya jual, serta uang itu akhirnya,” kata istrinya.
Bardhono, “???”

========================================================================

Obat Bodrex

Satu hari di bulan puasa waktu seseorang kakek tengah puasa, tidak diduga kepalanya sakit, dengan cemas si kakek langsung minum obat Bodrex.
Cucunya yang lihat peristiwa itu langsung menanyakan,
“Kakek kan puasa, mengapa minum obat?”
Si kakek langsung menjawab,
“Itulah okenya Bodrex, dapat diminum setiap saat!!!.”

=========================================================================

Peternak Sapi Kekinian

Ada seseorang peternak sapi yang cukuplah sukses serta miliki beratus-ratus ekor sapi.
Dalam satu hari datanglah seseorang petugas peternakan yang menyamar serta menanyakan “Setiap hari sapi-sapi ini ayah berikan makan apakah?”
Peternak “Oh saya berikan makan rumput-rumput saja.”
“Kalo demikian ayah saya denda sebab sudah memberikan makan sapi-sapi ini dengan tidak wajar.” kata si petugas. “Bapak saya denda 2 juta.”
Pada akhirnya selang beberapa minggu lalu petugas barusan hadir kembali serta bertanya hal sama pada si peternak. “Bapak berikan makan apakah sapi-sapi ini?” kata si petugas.
Si peternak menjawab “Saya berikan makan keju, hamburger serta susu.”
“Kalo demikian ayah saya denda 3 juta rupiah sebab memberikan makan diluar batas selayaknya!!” kata si petugas.
Eh pada akhirnya satu minggu lalu hadir lagi si petugas menayakan hal yang sama pada si peternak. “Bapak berikan makan apakah sapi-sapi ini…??” bertanya si petugas.
“Begini Pak” jawab si peternak, “setiap hari semua sapi-sapi ini saya berikan uang semasing tiga ribu rupiah, terserah mereka ingin makan di mana…!!”

=========================================================================

Pentol Korek Api

Mari anak-anak ini hari kita bermain untuk menebak suatu, Ibu Guru beri ciri-cirinya, anak-anak yang menjawab. Ok !!! Mari Budi apakah yang saya pegang ini kata bu Guru sekalian menghadap tembok, warnanya merah. bundar, manis rasa-rasanya? Budi menjawab ‘ Apel bu Guru !!!!
Salah Budi, yang saya pegang ini buah cherry, tetapi tidak apakah Budi, Ibu guru menjadi tahu apakah yang berada di dalam pikiranmu. Sebab jawabannya salah Budi si anak badung agak kesal juga.
Bu Guru gantian dong !! Saya yang beri ciri-cirinya ibu guru yang menjawab !! Bu Guru menjawab, Ok lah budi silakan maju ke depan.
Budi si anak badung maju kedepan sekalian menghadap tembok, si budi pegang suatu, sekalian menanyakan pada bu Guru.
Apakah ini bu Guru, panjangnya kurang lebih lima cm., kepalanya bundar warnanya merah ??? Bu Guru menjawab sekalian berteriak ‘ Budi !!!!!! Tidak bisa memberikan pertanyaan yang jorok, kamu memang kurang ajar basic anak badung tidak tahu diri!!
Budi menjawab, Lho ibu Guru kok geram ini khan hanya pentol korek api doang, tetapi tidak apakah bu Guru ‘ Saya menjadi memahami apakah yang berada di dalam pikiran bu guru.

=========================================================================

Sepatu Buaya

Seseorang wanita begitu ingin memiliki sepatu dari kulit buaya. Dia juga pergi ke toko sepatu serta sedih sebab mahalnya.
“Mahal sangat sich,” bertanya si wanita.
“Kalau ingin murah ya tangkap buaya sendiri sana,” kata si pemilik toko. Di inspirasi oleh pengucapan si pemilik toko, wanita itu pergi ke sungai besar di daerah situ sekalian membawa senjata api.
Sesaat lalu si pemilik toko hadir serta terpesona saat lihat tiga ekor buaya mati ditumpuk di tepi sungai.
Selain itu si wanita tampak di dalam sungai tengah membidikkan senjatanya ke seekor buaya yang lain. Nada tembakan terdengar, lalu si wanita menyeret buaya keempat yang baru ditembaknya ke tepi dan menyumpah, “Sialan! Yang ini dapat tidak menggunakan sepatu.”
=========================================================================

Lobi-lobi Skripsi

Dosen: Menjadi kamu tertarik dengan tema skripsi dari saya? Mengapa?
Mahasiswa: Tema Ayah sangat cocok sekali dengan bagian minat saya pak.
Dosen: Memang bagian minat kamu apakah?
Mahasiswa: Sama lah sama Bapak…

=========================================================================

Kaya Yang Baik Hati

Dalam satu hari seseorang yang kaya raya mengendarai mobilnya di satu pedesaan. Ia hentikan mobilnya saat ia lihat ada seseorang ibu tengah mengonsumsi rumput. Ia menanyakan pada ibu itu kenapa ia mengonsumsi rumput. Ibu itu dengan susah berkata, “Ya saya begitu miskin, saya tidak miliki apa-apa lagi untuk dikonsumsi.”
“Kalau demikian mari turut saya ke rumahku.”
“Tetapi saya memiliki tujuh orang anak.”
“Dimana mereka?”
Ibu untuk menunjuk ke satu tempat. Disana ia lihat ada tujuh orang anak yang tengah mengonsumsi rumput.
“Ayo ajak mereka sekalipun.” Mereka juga masuk ke mobil orang kaya itu. Ibu itu yang terasa terharu akan kebaikan orang itu menanyakan,“Pak, apakah yang menggerakkan ayah demikian baik untuk membawa kami semua?”
Orang itu cuma menjawab, “Kebetulan rumput didalam rumah saya telah panjang-panjang.”

Contoh Teks Anekdot Tentang Pendidikan

Sindiran KUHP

Ada dosen fakultas hukum memberi kuliah hukum pidana.

Ketiba di sesi Tanya jawab ada mahasiswa bertanya ke dosennya.

Didi : maaf sebelumnya paka, kepanjangan dari KUHP apa ya pak?

Kemudian dosen tidak memberikan jawabannya tetapi diberikan ke dudu. “ saudara dudu, coba dibantu menjawab pertanyaan saudara didi”. Ucap dosen. Kemudian dengan lantang dudu menjawab, “kasih uang habis perkara pak!”. Mahasiswa yang lainnya tertawa, dosen pun menggelengkan kepalanya, dengan menambah pertanyaan ke dudu.

Dosen : saudara dudu, jawaban darimana itu?

Dasar dudu, pertanyaan dosen dijawab dengan lantang, ”pribahasa inggris berkata pengalaman adalah guru yang paling baik pak”

Semua mahasiswa kaget dan saling melihat satu dan lainnya kemudian tertawa.

Ketikak tertawa sudah mereda, perkuliahan kembali normal.

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Brosur Asap Rokok

Abstraksi
Di siang yang terik, andi menunggu bis datang.

Orientasi
Andi melakukan percakapan dengan karyawan swasta mengenai asap bis dan kendaraan yang sedang lewat.

Andi : asapnya kotor ya?
Karyawan : iya. Tebal dan juga kotor.

Krisis
Bis sedang ditunggu datang. Tetapi karyawan dan andi melihat ada orang yang duduk di depan mereka merokok.

Andi : tak hanya asap bis, tetapi asap rokok juga kotor sekali.
Karyawan : apa yang akan kamu lakukan ke orang yang sedang merokok itu?
Andi : akan aku hajar dia.

Andi langsung menghajar orang itu dengan sebuah brosur.

Reaksi
Orang yang sedang merokok melihat andi yang secara tiba tiba menghajarnya. Kemudian menundukan kepala dan membaca brosur itu.

Koda
Sepertinya brosur itu isinya ASAP ROKOK MENGANDUGN POLUTAN 10X LEBIH BAHAYA DARI MESIN DIESEL.

Itulah tadi contoh teks anekdot lucu dan contoh text anekdot singkat yang dapat dipelajari. Berbagai macam cerita anekdot lainnya dapat Anda temukan dan pelajari secara mandiri. Selain dalam berbentuk cerita, ada pula anekdot dalam bentuk singkatan kata. Seperti KUDI (Kurang Disiplin), KUTIL (Kurang Teliti), dan sebagainya. Tentunya dalam setiap penulisan anekdot harus menggunakan kata-kata yang menarik dan bersifat menghibur. Demikianlah informasi seputar teks jenis anekdot ini, semoga ada manfaatnya guna menambah wawasan keilmuan Anda, khususnya dalam bidang Bahasa Indonesia.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *