6 Contoh Teks Eksposisi dan Paragraf Eksposisi Singkat

  • 7 min read
  • Mei 27, 2019

Contoh Teks Eksposisi – Dalam aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan informasi atau aktivitas sosial lainnya yang mengandalkan media berupa tulisan, penggunaan teks eksposisi adalah suatu hal yang lazim ditemukan. Penggunaan jenis teks tersebut dianggap mampu menyampaikan informasi dan argumentasi sehingga mampu mempersuasi pembaca dengan baik. Untuk menguasai penggunaan teks tersebut, kita bisa memulainya dengan mempelajari jenis, kaidah, struktur, dan kemudian menelaah contoh teks eksposisi.

Untuk menulis paragraf eksposisi seperti contoh paragraf eksposisi yang sering kita lihat, maka perlu mengikuti kaidah penulisan paragraf eksposisi yang berlaku. Kaidah yang pertama adalah pronomina atau kata ganti orang. Pronomina digunakan ketika menggunakan pendapat pribadi dari penulis. Ada dua jenis pronomina yaitu persona atau kata ganti orang dan nonpersona atau penunjuk. Tentunya anda membutuhkan contoh teks eksposisi singkat dan jelas untuk mempermudah pemahamannya.

Kaidah yang kedua adalah konjungsi yang berarti kata penghubung yang berguna untuk memperkuat argumen pada teks. Konjungsi ini bisa berupa waktu, gabungan, perincian, persyaratan, penjelasan, perbandingan, dan lain sebagainya. Hal yang terakhir yang perlu ada pada paragraf eksposisi adalah kata leksikal. Hal ini terdiri dari nomina, verba, adjektiva, dan adverbia. Untuk mempermudah anda dalam memahami teks eksposisi ini, berikut kami paparkan beberapa contoh teks eksposisi singkat dari berbagai latar belakang tema.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Hidup

Tesis :

Diera milenial seperti sekarang ini, membuang sampah tidak pada tempatnya (khususnya di sungai) seolah menjadi hal yang lumrah. Ditambah lagi sekarang ini banyak orang orang di kota kota yang buang sampah asal-asalan.Hal ini dapat dilihat dari jumlahnya saluran sungai yang terhalang oleh sampah sampah yang setiap saat dapat mengakibatkan bencana banjir.

Argumentasi :

Sebagian pengamat menyimpulkan setiap tahunnya jumlah manusia yang melakukan aktifitas membuang sampah di sungai terus bertambah. Manusia juga belum pernah kapok dengan seringkali terjadinya banjir yang menimpa mereka sebab tingkah mereka sendiri. Bencana itu banyak juga menelan korban jiwa. Tak hanya korban luka luka tapi juga korban meninggal, namun hal ini tak membuat mereka sadara untuk membuang sampah pada tempatnya.

Penegasan Ulang :

Semestinya, setelah mengetahui bencana yang terjadi akibat ulah mereka sendiri, mereka mempunyai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya serta tak akan membuangnya ke sungai supaya tidak merugikan lingkungan dan banyak orang. Supaya saluran air sungai lancar serta tidak memunculkan banjir.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan :

1. Tesis :

Siri merah adalah jenis tanaman yang dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini bisa dibudidayaka untuk persediaan tanaman obat. Salah satu tanaman obat ini mempunyai banyak peranan dalam dunia kesehatan.

2. Argumetasi :

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan tanaman ini sering menjadi obat diabetes, maag, kanker, dan obat ketombe. Ada juga manfaat lain yaitu menyembuhkan keputihan di area kewanitaan. Banyak yang menggunakan tanaman ini dengan cara mengambil daunnya,lalu diolah lewat perebusan. Tanaman ini memiliki kemampuan menjadi obat karena senyawa katif yang terkandung di dalam, seperti minyak atsiri, polivenl, euganor dan lainnya.

Penegasan Ulang :

Maka dari itu bisa dipahami bahwa siri merah bisa dipakai menyambuhkan beberapa penyakit dengan tradisional.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah

Tesis:

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengutamakan kemampuan siswa dengan personal atau pendidika yang mencoba memperdalam potensi diri dair individu. Pendidikan karekter penting memperdalam bakat tersembunyi yang ada di dalam siswa. Semua siswa memiliki bakat di bidang yang tidak sama satu dengan lainnya.

Argumentasi:

Siswa tidak pandai di bidang akademik pasti belum pasti bodoh,tetapi dia mempunyai kemampuan dibidang lain. Lewat pendidikan karakterseseoang tidak dilihat dari pintar dalam akademik. Guru tidak boleh mengcap siswa bodao jika tidak pintar dalam akademik.

Pemerintah sudah berusaha mewujudkan pendidikan karakter lewat kurikulum 2013. Lewat kurikulum ini pemerintah berusaha memperdalam keampuan karekater siswa. Karakter toleransi kepada suku, agama, kebudayaan dan lainnya. Indonesia adalah negara yang mempunyai keberagaman budaya, bahasa, kepercayaan, jadi sikap toleransi diperkenalkan dari dini.

Penegasan Ulang:

Pendidikan karakter juga diharapkan bisa membekali siswa mengenai masa depannya. Siswa harus mempuyai rasa toleransi ke sesama dan mempunyai skil dan potentis yang bisa dibanggakan suaya menjadi penerus bangsa untuk menghadapi kemajuan jaman.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Tesis:

Beberapa waktu kemarin sistem pendidikan di negara Indonesia sudah berubah yang begitu signifikan. Perbuhan yang terjadi berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2016 yang lama digunakan diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum memakai kurikulum 2016.

Argumentasi:

Kementrian pendidikan dan budaya telah memaparkan bahwa kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah yang standard internasional

Ada beberapa syarat untuk melaksanakan kurikulum 2013 salah satunya adalah harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 fokus ke pembanguan sikap, karakter, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar kepada pendekaatn ilmiah.

Kurikulum 2013 juga fokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan lewat pengamatan, percobaan, dan pecipataan sebuah karya.

Tak hanyaitu, wakil kementrian pendidikan dan budaya musliar kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih fokus praktik dari pada hafalan, karena selama ini para siswa banya dibebani hafalan tetapi seperti kurang efektif meningkatkan kreativitas.

Anggota dean pertimbangan presiden, Meutia Hatta, mengatakan bahwa kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter generasi yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa.

Kurikulum 2013 menuntut siswa supaya aktif saat proses pembelajaran, jadi yang diharapkan supaya membentuk generali berkualitas. Masih banyak masyarakat yang menolak diterapkan kurikulum 2013. Mereka berpikir perubahan kurikulum mendadak dan memaksakan.

Ada juga anggapan bahwa kurikulum 2013 kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda.

Penegasan Ulang:

Meskipun akan membuat mata pelajaran yang akan diajarkan jadi sederhana, tapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki para siswa jadi berkurang karena materi tidak dipelajari dengan lengkap, tetapi dipisah yang bisa saja para siswa menjadi bingung.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Tesis:

Pada hakikatnya organisasi tidak terlepas dari pertikaian. Pasti sudah banyak yang pernah mengikuti organisasi dan pernah mengalami pertikaian. Hal ini seperti bumbu layaknya pada dunia perpolitikan.

Argumentasi:

Yang pernah berorganisasi pernah memberikan pendapat bahwa karena ada yang tidak suka dengan salah satu anggota semua pasti akan tepengaruh, hal itu seharusnya tergantung dari kedewasaan masing masing. Jadi bisa memilih mana yang baik dan buruk.

Penegasan Ulang :

Kenapa ada pertikaian? Karena terjadi salah paham karena adu mulut dan lidah yang tak memiliki tulang metakan yang tidak seharusnya, hal ini menjadi penyebab pertikaian, apabila didiskusikan dengan rinci, maka akan baik baik saja, karena semua membutuhkan komunikasi. Sehingga sekecil apa pertikaian itu bisa diselesaikan bersama, karena dari hal kecil bisa menjadi besar.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi :

Tesis :

Pendidikan adalah senjata yang ampuh untuk mengubah perekonomian dunia, karena pendidikan adalah sarana yang digunkan untuk mempelajarai banyak hal yang bermanfaat. Selaim untuk meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi, pendidikan juga dapat mengentaskan kemiskinan disuatu negara.

Argumentasi :

Indonesia memiliki tingkat pendidikan yang bisa dibilang lumayan baik. Pemerintah sudah mengeluarkan dana yang banyak untuk membangun gedung sekolah dan memberi sekolah gratis.

Seorang hanya tinggal para siswa yang harus memilili keinginan belajar dan berprestasi. Jadi semangat akan terbentuk dan harus memberi yang terbaik untuk negara karena pendidikan yang mudah sudah diberikan pemerintah.

Penegasan Ulang :

Saat fasilitas dan peran aktif para siswa sudah bergabung untuk ikut andil dalam sektor pendidikan dan ekonomi, maka kemungkinan besar derajat Indonesia lebih diakui di mata dunia. Bisa jasi akan banyak investor asing berdatangaan yang bida meningkatkan perekonomian di dalam negerai. Guru yang memiliki kualitas dan kompetensi juga akan membantu meningkatkan tingkat pendidikan di indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Sosial

Lingkungan bersih adalah lingkungan yang selalu dibersihkan setiap hari. Lingkungan bersih memebuat selalu sehat dan mempunyai pikiran yang positif dan tenang. Tetapi apabila lingkungan ktor maka berpengaruh kepada aktivitas yang akan menjadi mudah marah, jenuh dan lainnya.

Ada yang setuju dnegan hal ini karena memang benar apbila bersih akan memberikan aura positif dan juga sebaliknya.

Lingkungan bersih membaut sehat, sedangkan lingkungan kotor akan membuat sakit. Apabila ada banyak baju kotor akan banyak nyamuk, sihingga akan menimbulkan penyakit demam berdarah. Sehingga selalu jaga kebersihan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Berita

Tanaman obat sambiloto terkenal sejak jaman dahulu. Tanaman ini memilki manfaat untuk menobati luka dan berguna untuk kesahatan badan

Karena ada banyak manfaat yang ada di tanaman ini ada banyak produk yang dibat. Tetapi sedikit orang yang tahu. Dari beberapa riset banyak manfaat yang ada di tanaman ini yaitu untuk obat luka bakar dan cedera, panas, darah tinggi, kanker dan tumor paru.

Atas dasar riset disimpulkan bahwa tanaman ini tidak hanyak mengobati luka tapi juga berguna unttuk kesehatan manusia. Tidak memiliki resiko yang diberikan karena tanaman ini dari alam.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan

Mata merupakan salah satu indra pengelihatan yang penting, yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Sehingga apabila mata yang masih normal harus selalu dijaga, karena banyak yang buta dan minu, buta dapat terjadi karena kecelakaan atau dari lahir, tetapi apabila minus pati lewat peroses mata dari normal menjadi rabun.

Hal itu banyak yang menjadi faktor penyebabnya yaitu membaca terlalu dekat, menonton TV jarnag kurang dari 3 meter. Hal ini yang menjadi mata jadi rabun.

Hal itu terbukti dari pendapat orang bahwa minus karena membaca terlalu dekat dan faktor keturunan. Tetapi menurut penulis apabila faktor keturunan tida memiliki hubungan, jadi penulis yakin minus ada karena kebiasaan.

Contoh Teks Eksposisi Panjang Beserta Strukturnya

Tesis

Sudah biasa saat ada orang membung sampah sembarangan, dari kalangan mudah hingga tua. Apabila sedang di lingkungan erbuka sampah masih saja ada yang tertinggal dari tempat yang habis ditempati dari sebuah acara. Padalah sudah jelas belakangan ini musim ujan dan terjadi banjir.

Argument

Ada orang yang menyimplan apabila belum merasakan efek maka tidak kan melakukan hal itu yaitu membuang sampah di tempatnya. Jadi tak perlu ada sosialisasi dampak bahaya membuang sampah sembarangan.

Penegasan ulang

Sebaiknya apabila orang sudah merasakan efek samping yang mengakibatkan banjir, maka tumbuh kesadasran untuk idak membuang sampah sembarangan apalagi di sungai, saluran air yang bisa menyumbat jalan air.

Mata begitu pening, dengan mata bisa berinteraksi, jadi menjaga mata sangat diperlukan supaya selalu memiliki mata yang sehat.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Narkoba

Jaman sudah begitu maju, apa yang diinginkan pasti bisa didapat dengan gampang, hanya mengandalkan alat elektronik yang terhubung dengan internet. Sama seperti narkoba yang bisa didapatkan dengan mudah dari beragam merk dan juga akses yang cepat.

Ada informasi banya anak sekolah dasar yang mengonsumsi narkoba. Sedih delkali generasi muda yang seharusnya tidak memberikan fasilitias yang bisa memudahkan untuk mengakses hal seperit narkoba, karena pengawasan tidak selalu bisa terjaga setidaknya apabila masih dibawah umur jangan diberi fasilitas seperti HP, gadget, dan laptop. Hal ini membuat anak malas beraktivitas.

Narkoba tidak asing lagi bahkan dipenjar banyak kasus narkoba dari muda sampai tua. Hal itu perlu ada sosialisasi tentang bahasya narkoba, hal ini bisa berbahaya apabila tersebar di usia muda yang mempunyai rasa ingin coba coba dan butuh tindak lant hukum yang tegas supaya masyarakat menyesal.

Berikut adalah kerangka uraian contoh dan cara membuat teks eksposisi sederhana dari permasalahan kesehatan. Tesis teks bisa berupa penyataan bahwa merokok sangat membahayakan bagi kesehatan, seperti “merokok bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya”.

Kemudian sodorkan berbagai fakta mengenai bahaya merokok, seperti “merokok terbukti peningkatan resiko penyakit kanker”. Bisa juga seperti “karena sudah ada bukti bahwa merokok menyebabkan resiko penyakit jantung meningkat, maka merokok bisa berbahaya bagi kesehatan”.

Terlihat di kalimat tersebut terdapat kata konjungsi sebab akibat. Di akhir teks, dapat diberikan penegasan ulang seperti kalimat “oleh karena itu, jauhilah rokok karena merokok bisa membahayakan kesehatan”.

Berikut adalah uraian mengenai pengertian, jenis, kaidah, struktur, dan contoh teks eksposisi yang dapat Anda praktekkan untuk membuat paragraf atau karangan eksposisi sendiri. Gunakan teks eksposisi yang baik dan benar serta sesuai kaidah sehingga maksud yang ingin Anda sampaikan dapat tersampaikan dengan efektif.

Berbagai contoh karangan eksposisi yang tersedia juga jika diamati, di dalamnya terdapat struktur tertentu yang membuatnya menjadi sebuah karangan eksposisi. Struktur tersebut adalah tesis, argumen, dan penegasan ulang pendapat. Tesis berisi sudut pandang dari penulis terhadap sebuah permasalahan yang dijelaskan.

Bagian argumentasi berisi fakta atau alasan untuk untuk memperkuat atau bahkan menyanggah sebuah pendapat. Bagian akhir yaitu penegasan ulang pendapat berfungsi untuk menegaskan ulang tesis dan penguat argumentasi. Sekian informasi mengenai kumpulan contoh teks eksposisi singkat maupun paragraf eksposisi terbaru 2018 yang bisa kami sajikan. Semoga bisa memberikan manfaat untuk teman teman semuanya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *