Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia Berat dan Ringan

  • 2 min read
  • Apr 26, 2019

Kasus Pelanggaran HAM – Hak asasi manusia atau yang biasa disingkat dengan HAM merupakan sebuah hak dasar yang ada di diri semua orang semenjak mereka lahir. Hak tersebut misalnya hak untuk hidup, hak untuk memeluk suatu agama, serta hak dalam meyakini sesuatu. Meski sering digembor-gemborkan sebagai suatu hal yang harus dilindungi, nyatanya kasus pelanggaran HAM masih saja terjadi di negara ini.

Sedari dulu hingga saat ini sepertinya kasus tersebut tidak bisa berhenti. Bahkan penyelesaiannya juga terasa mengambang. Perlindungan HAM sepertinya terasa sia-sia. Dan karena itulah mengapa kasus pelanggaran HAM di Indonesia terus bergulir.

Kasus Pelanggaran HAM Lama dan Terbaru

Pelanggaran hak asasi manusia adalah sebuah tindakan perenggutan paksa hak-hak orang lain.  Kasus pelanggaran HAM terjadi karena beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut misalnya saja konflik atau kerusuhan dalam masyarakat yang berlanjut hingga jangka waktu tahunan. Kasus pelanggaran HAM di Indonesia terjadi sejak puluhan tahun yang lalu, mulai dari era kemerdekaan hingga saat ini.

Pelanggaran HAM bukan hanya terjadi dalam skala besar, namun juga skala kecil. Contoh kasus pelanggaran HAM terbaru berskala kecil adalah kasus yang baru-baru ini terjadi di Bandung. Adalah sebuah pengeroyokan suporter bola terhadap pendukung tim lawan yang mengakibatkan satu nyawa melayang dengan sia-sia.

Ada beberapa kasus pelanggaran HAM berat di Indonesia yang terkenal hingga detik ini. Kepopuleran kasus tersebut terjadi karena begitu besarnya dampak yang ditimbulkan di masyarakat, hingga misterinya yang belum terselesaikan bahkan setelah bertahun-tahun berlalu. Dengan lemahnya pengawasan serta perlindungan HAM, maka kasus serupa bisa saja terjadi di masa mendatang.

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Sebut saja kasus pembunuhan aktivis Munir, tragedi trisakti, tragedi semanggi I dan II, dan masih banyak lainnya. Untuk kasus pembunuhan Munir sendiri benar-benar menjadi misteri yang tak terpecahkan. Munir Said Thalib adalah seorang aktivis HAM yang pernah terlibat dalam beberapa kasus-kasus pelanggaran HAM.

Ia meninggal dunia saat berada di dalam penerbangan menuju ke Amsterdam, Belanda pada tanggal 7 September 2004. Banyak yang menyebutkan jika ia tewas karena racun yang berada di minumannya. Beberapa tersangkapun telah ditetapkan namun hingga saat ini publik masih meyakini jika terdapat dalang lain di balik kematiannya.

Lalu kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang lain adalah tragedi trisakti. Trisakti bisa disebut sebagai salah satu contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang paling terkenal di kalangan mahasiswa.

Pada 12 Mei 1998, terjadi unjuk rasa dari mahasiswa Universitas Trisakti. Mereka menuntut mundurnya Presiden Soeharto dari jabatannya yang dinilai kurang bisa memperbaiki keadaan Indonesia yang sedang di titik terbawah. Yang menjadikan kasus ini semakin memanas adalah dengan adanya tragedi penembakan yang menewaskan 4 orang mahasiswa saat itu juga.

Selain itu, puluhan demonstran lainnya ikut terluka saat sedang berdemonstrasi disana. Hingga detik ini publik belum dapat melupakan kejadian mengerikan tersebut. Bahkan kasus pelanggaran HAM tersebut seperti hilang ditelan bumi.

Contoh kasus pelanggaran HAM tersebut memang menyisakan luka mendalam di hati keluarga, kerabat, serta rakyat Indonesia. Beberapa kasus pelanggaran HAM di Indonesia tersebutpun sering menjadi bahan kajian dan pembelajaran bagi banyak orang.

Namun yang terpenting adalah adanya upaya serius dari pemerintah untuk terus menegakkan keadilan bagi semua orang. Pemerintah serta Komnas HAM seyogyanya harus bisa menjamin hak-hak rakyatnya dan mengusut hingga tuntas apabila terjadi kasus pelanggaran HAM lagi di kemudian hari.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *