5 Contoh Biografi Yang Benar Beserta Struktur Teks Biografi

  • 6 min read
  • Mei 26, 2019

Contoh Biografi – Buku biografi para tokoh tentu menarik sekali untuk dibaca. Baik tokoh bangsa, tokoh agama hingga tokoh dunia selalu memiliki kisah tersendiri untuk bisa diambil pelajarannya. Contoh biografi yang sangat laris manis di pasaran misalnya biografi presiden pertama di Indonesia Ir Soekarno, pahlawan wanita RA Kartini dan masih banyak lagi. Teks biografi yaitu suatu bentuk teks yang isinya adalah mengenai kisah ataupun cerita tokoh dalam mengarungi kehidupan.

Contoh biografi juga mencakup kelebihan, kekurangan hingga masalah yang ditulis seseorang sehingga tokoh yang diceritakan dapat menjadi teladan bagi banyak orang. Dari pengertian biografi maka bisa diambil kesimpulan dimana biografi adalah karangan non fiksi atau kenyataan. Seluruh cerita di dalamnya adalah berdasarkan fakta yang terjadi pada tokoh tersebut.

Contoh biografi misalnya biografi dari RA Kartini, Jendral Soedirman dan masih banyak lagi dimana para pembaca bisa mengambil makna dari kisah tokoh itu. Selain pengertian teks biografi, Anda pun juga harus tahu terkait ciri dari biografi sehingga bisa tahu contoh biografi secara lebih jelas, diantaranya adalah.

Ciri Ciri Biografi :

  • Biografi memuat informasi terkait fakta pada tokoh yang dikisahkan di dalam bentuk narasi.
  • Biografi juga memuat fakta dan pengalaman hidup tokoh untuk memecahkan masalah hingga akhirnya bisa sukses dan patut dijadikan sebagai teladan.
  • Struktur pada biografi juga jelas.

Struktur Teks Biografi :

  • Orientasi, yakni bagian pengenalan tokoh yang isinya adalah gambaran awal dari tokoh tersebut dalam suatu biografi.
  • Peristiwa dan masalah, yakni bagian peristiwa yang dialami tokoh dimana berisikan penjelasan dari suatu cerita baik pemecahan masalah, peristiwa menyenangkan, menegangkan sampai kesedihannya. Dari semua cerita itu kemudian ada tahapan dalam menuju kesuksesannya.
  • Reorientasi, yakni bagian penutup dari biografi. Isinya adalah terkait pandangan dari penulis kepada tokoh yang diceritakan di dalam biografi tersebut.

Selain biografi, ada juga autobiografi. Untuk bisa mengetahui perbedaan biografi dan contoh auto biografi, maka berikut ini contoh teks biografi singkat yang terdiri dari berbagai macam tema, diantaranya contoh teks biografi persahabatan, tentang ibu, tokoh nasional, guru, dan biografi diri sendiri. Selamat membaca.

Contoh Biografi Tokoh Nasional RA Kartini :

Raden Ajeng Kartini lahir dari keturunan keluarga terpandang pada 21 April 1879. Karakternya haus akan ilmu dan dirinya pun pernah merasakan bangku pendidikan sekolah dasar. Dirinya menginginkan untuk bisa melanjutkan pendidikan tapi sang ayah justru menentang. Kartini pun akhirnya harus memendam keinginannya untuk sekolah, tapi tak berhenti belajar yakni dengan banyak membaca.

Dari sinilah dia kemudian bisa mengajar wanita lain di sekitarnya dan menanamkan pola pikir lebih berkembang. Di usia 25 tahun, Kartini meninggal dunia. Meski demikian karya dan pemikirannya masih tetap terkenang sampai saat ini.

Contoh Biografi Diri Sendiri :

Nama saya Nadya Fara Afrina biasa di panggil Nadya. Saya lahir dari pasangan Kurniawan dan Safitri yang lahir di Padang Pariaman pada tanggal 12 Januari 1990. Saya beragama Islam serta sejenis kelamin saya Wanita. Bapak saya kerja menjadi wiraswasta serta ibu cuma seseorang ibu rumah-tangga yang kadang-kadang menolong Bapak berwiraswasta.

Saya anak ke-4 dari 5 Bersaudara.Kakak pertama saya telah menikah kerja menjadi Ibu Rumah Tangga serta tinggal di Bandung, Kakak ke-2 saya juga menikah kerja menjadi bidan di salah satu rumah sakit di Tanggerang serta tinggal di Tanggerang, Kakak ke-3 saya Kuliah di Universitas Brawijaya Malang dengan jurusan Teknik Sipil yang baru akan Wisuda akhir bulan Januari ini, serta Adik saya masih tetap duduk di kelas Satu di Sekolah Menengah Atas.

Saya mulai masuk Sekolah Basic usia 6 tahun. Saya di Sekolahkan di SDN 02 Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman. Waktu SD Saya begitu suka pada pelajaran Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris, saya sempat juga bercita cita menjadi guru Bahasa Inggris karena kesukaan dalam lomba pidat bahasa inggris tingkat SD, serta suka pada pelajaran bahasa indonesia karena saya senang menulis cerpen dan puisi persahabatan .

Sesudah lulus SD tahun 2002 saya meneruskan sekolah di SMPN 01 Lubuk Alung. Di SMP ini saya lebih suka pada mata pelajaran sastra seperti puisi, cerpen, serta novel, serta di tempat ini saya belajar bagaimana menjadi penulis yang profesional. Sesudah lulus SMP 2005 diteruskan lagi di SMAN 01 Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman. Sesudah lulus SMA 2018 saya melanjutkan belajar di Universitas Airlangga Surabaya.

Contoh Biografi Tentang Ibu :

Ibuku bernama Wahyu Astuti, Beliau lahir pada tanggal 12 Februari 1969 dari seseorang bapak yang bernama Raden Aji Songo, yang lahir pada tanggal 1 Agustus 1938 di Solo. Serta seseorang ibu yang bernama Diajeng Kartini, lahir di Jogjakarta tanggal 14 Maret 1948. Serta ibuku menikah dengan seseorang lelaki yang bernama Komarudin. Pada saat kanak-kanak ibu saya tinggal di Bantul Jogjakarta. Ibuku ialah seseorang putri pertama dari 3 bersaudara.

Ibuku pertama-tama sekolah di Tk di tempatnya. Sesudah 1 tahun di TK, serta meneruskannya ke SDN Bantul 1. Pada saat SD Ibuku tetap megendarai sepeda dengan rekan yang lain, serta jalannya juga belumlah dispal jadi seandainya hujan sepatunya dibawa dengan tangan. Jarak rumah ke SD seputar 2 km. Ibuku waktu belajar saat malam hari cuma memakai penerangan berbentuk lampu minyak. Dia tetap bermain di kebun tebu dengan teman-temannya.

Sesudah lulus di SD saat 6 tahun Ibuku melanjutkan ke SMPN 1 Bantul. Berjarak 7 km dari rumah, mengendarai sepeda, serta masuk di kelas 1A. Pada saat itu Ibuku ikuti gabungan nada, ikut pramuka turut berjalan dari Rumah sampai sekolah berjarak kurang lebih 48 km, serta ikuti berkemah di Kali Soro dekat makam presiden ke 2. Serta memperoleh rangking 14 dari keseluruhnya kelas.

Kelas 2 Ibuku rolling ke kelas B. Ibuku ikuti lomba membuat Puisi serta mendapatkan juara 2 dari perwakilan semua kelas. Serta ikuti lomba pramuka tingkat Kabupaten di Bantul.

Kelas 3 ibuku di rolling lagi jadi kelas C. Ibuku tidak bisa ikuti pekerjaan di luar pelajaran lagi, tapi mesti ikuti les yang diawali jam ke 0 yakni jam 06.30 sampai 07.15 serta jam penambahan ke 2 diawali 13.30 sampai 14.30. Dengan gratis ataukah tidak ada bayaran.

Lantas Ibuku meneruskan ke SMAN 1 Bantul. Di SMA Ibuku dipilih jadi ketua OSIS serta aktif di pramuka. Ibuku ambil jurusan IPA sebab nilai pelajaran IPS di kelas 1 begitu rendah. Ibuku meneruskan kuliah ke UGM Jogjakarta.

Ambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sampai ahirnya menjadi guru Bahasa Inggris di salah satu sekolah SMA swasta. Dari sinilah beliau bertemu dengan Ayahku yang ahirnya menikah, sampai memiliki 3 orang anak.

Ibuku berkata jika belajar itu tidak menyerah dengan kondisi seperti mengendarai sepeda, kesetiakawanan dengan rekan, solidaritas rekan, serta belajar dengan giat. Jaman waktu ibuku dahulu berlainan dengan saat ini yang telah serba moderen. Saya mengerti jika perjuangan yang tidak kenal capek pantas menjadi contoh.

Contoh Biografi Tentang Guru :

Drs. Susilo atau akrab dipanggil pak Sus, ialah salah satu guru Olahraga di SMA Labschool Malang, beliau lahir pada 14 Januari di Desa Tunggulwulung Kec.Lowokwaru Kab. Malang. Lahir dari pasangan suami istri yang bernama Bejo sugiantoro dan Watinah. Beliau ialah seseorang kakak paling tua dari Tujuh bersaudara. Terlahir menjadi kakak membuat beliau mesti jadi teladan buat adik-adiknya.

Pak sus melakukan pendidikannya di bangku SDN 1 Tunggulwulung serta SMPN 1 Jatimulyo, lalu meneruskan di SMAN 1 Malang. Beliau mempunyai hoby berolahraga serta seni, sebab hoby itu beliau ambil kuliah jurusan Penjaskes di Universitas Negeri Malang. Di bangku kuliah beliau sempat ikuti perlombaan lari sprint tingkat mahasiswa se-Jawa timur, serta jadi juara ke 1. Tidak sampai disana, beliau sempat juga jadi juara lomba vokal tingkat mahasiswa se-Malang Raya. Beliau ikut adalah anggota PSM Senior, yakni satu club sepak bola Arema Malang.

Waktu beliau belumlah lulus kuliah, beliau telah mengajar di SMA Negeri 2 Batu selama kurang lebih 4 tahun. Sesudah lulus kuliah, beliau pindah ke Batu lalu mengabdikan diri pada beberapa sekolah salah satunya, SMA Negeri 2 Batu. Walau telah termasuk mapan, beliau belumlah akan memutus untuk menikah. Pada tahun 1984, beliau bekerja di SMAN 2 Batu. Waktu beliau bekerja di sekolah itu juga, dia temukan tambatan hatinya yang seseorang guru bernama Emira Widianti, S.pd.

Waktu beliau berumur 30 tahun, beliau mempersunting wanita cantik yang sudah membuat meyakini untuk melepas waktu lajangnya itu pada tahun 1986. Sesudah menikah, pada pertengahan tahun 1994, beliau beralih pekerjaan di SMAN 1 Pujon. Sesudah dari SMAN 1, Perjalanan mengajar beliau bersambung di SMA Labschool Malang sampai saat ini.

Pak Sus sangat banyak alami masa- waktu susah dalam karirnya menjadi guru , namun beliau masih melakukan pekerjaan yang sudah ia cita-citakan semenjak kecil dengan hati yang ikhlas. Ditahun-tahun paling akhir dia mengajar, mengingat usianya yang sekarang masuk 55 tahun, itu bermakna telah tidak lama lagi dia jadi seseorang guru. Dia berupaya jadi lebih baik serta memberikan kesan-kesan yang akan diingat oleh siswa-siswi yang dia didik.

Contoh Biografi Teman :

Arsyaka Firendra Putra nama selengkapny. Biasa di panggil arsya atau putra oleh anak-anak kelas. Cowok yang satu ini mempunyai perawakan yang tinggi serta badan berisi tetapi gak gendut. Lahir asli di Kota Batu 21 Juni 2002. Namanya ternyata berasal dari kombinasi nama bapak serta ibunya yang bernama Putra Pamungkas dan Firen Aprillia, si Arsya ini anak ke 1 dari 3 bersaudara. Saat ini Arsya kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Manajemen sekelas dengan saya.

Arsya dibesarkan di Indonesia, kenapa demikian ? Sebab semenjak kecil ia telah berkeliling-keliling hampir ke semua sisi pulau di indonesia dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, serta Bali. Semenjak kecil Arsya telah berkeliling-keliling pelosok Indonesia sebab telah tuntutan untuk ikuti sang bapak yang kerja menjadi pegawai BUMN yang di geser tugaskan min 2 tahun sekali ke daerah yang berlainan.

Lewat kesukaannya berpindah-pindah pulau itu si Arsya ahirnya mempunyai hoby penjelajah alam, bukan sekedar itu saja dari postur tubuhnyapun bisa langsung didapati jika si Ian ini pula senang olahraga yakni Voli serta Sepak bola. Tidak salah kan bila ia memiliki tubuh yang tinggi jelas anak Voli. Dari hobinya inipun telah membuahkan juara di vokasi yakni Vokasi Cup perlombaan Bola Voli ini sukses di menangi oleh kelas kami MIBM A serta tentunya Arsya ini adalah peranan juga penting dalam kemenangan ini.

Peranannya menjadi pemain Inti yang penting dengan badan tinggi sukses menahan lawan cetak gol betul-betul kuat seperti tembok cina. Lawanpun telah takut duluan serta mikir-mikir dahulu jika menerima smash dari Arsya. Diluar itu menjadi Arsya juga menjadi kapten yang tangguh untuk tim bola voli nya.

Di kelas Arsya ini sebetulnya anaknya cukup pendiam,pemalu serta meskipun tubuhnya tinggi besar akan tetapi memiliki nada yang tenang, tetapi jika telah kenal dekat ia tidak segan-segan lagi untuk mengobrol serta bercanda. Orangnyapun humoris serta lucu enak jika dibawa bercakap.

Selain biografi, Anda juga harus tahu contoh auto biografi. Auto biografi yakni tulisan yang berisi pengalaman, riwayat dan juga perjalanan seseorang sejak kecil hingga keadaan saat ini. Jika biografi dituliskan orang lain, maka auto biografi ditulis oleh tokohnya atau orang itu sendiri.

Perbedaan yang paling terlihat dari penulisan biografi dan contoh auto biografi adalah dari sudut pandang penulisannya. Biografi menggunakan sudut pandang orang ketiga, sedangkan auto biografi menggunakan sudut pandang dari orang pertama.

Contoh auto biografi ini ada dengan tujuan untuk memperkenalkan diri penulis pada orang lain secara mendetil. Selain itu, auto biografi juga bisa jadi bahan pencitraan dan gambaran serta kisah inspiratif yang dialami penulis. Itulah penjelasan singkat terkait contoh biografi yang benar dan auto biografi sebagai tambahan informasi Anda.