Daftar Negara ASEAN, Profil dan Bendera Negara Anggota ASEAN

  • 2 min read
  • Mei 27, 2019

Negara Negara ASEAN – Association of Southeast Asian Nations atau yang biasa disingkat sebagai ASEAN merupakan sebuah organisasi ekonomi dan geo-politik yang didirikan dan berisi negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Organisasi yang telah berjalan selama puluhan tahun ini memiliki sejarah yang menarik untuk dibahas. Negara yang tergabung di dalamnyapun telah bertambah seiring berjalannya waktu. Berikut ulasan secara mendalam mengenai profil negara ASEAN yang bergabung, bendera negara ASEAN, maupun lambangnya.

Negara Negara ASEAN

ASEAN didirikan di Kota Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967. Tujuan utamanya adalah untuk menaikkan pertumbuhan di bidang ekonomi, mengembangkan kebudayaan negara yang tergabung di dalamnya, membantu menjaga stabilitas dan kedamaian, dan juga memberikan wadah bagi mereka yang mau membahas perbedaan secara damai.

Hingga saat ini ASEAN telah memiliki lambang, bendera, serta peta negara ASEAN. Saat baru bertama kali dibentuk, total negara ASEAN yang tergolong di dalamnya hanyalah 5 negara. Negara-negara ASEAN tersebut antara lain Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura, serta Malaysia.

Bisa dibilang kelima negara tersebut merupakan negara pendiri ASEAN. Kemudian pada tanggal 7 Januari 1984, satu negara memutuskan bergabung dengan ASEAN. Negara tersebut adalah Brunei Darussalam. Brunei menjadi anggota ke 6 dari organisasi yang memiliki nama lain PERBARA atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa. Tak berapa lama negara lainpun bergabung.

Seperti misalnya Vietnam di tanggal 28 Juli 1995, Myanmar dan Laos di 23 Juli 1997, serta Kamboja di tanggal 16 Desember 1998. Hingga saat ini negara ASEAN berjumlah 10 negara. Kendati banyak orang mengira jika negara Timor Leste telah bergabung, namun itu tidaklah benar. Negara yang berada di Asia Tenggara itu belum memutuskan untuk bergabung dengan ASEAN. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai profil negara ASEAN yang memiliki bendera negara ASEAN masing-masing, maka akan dijelaskan di bawah ini.

Peta Negara ASEAN Lengkap

Dari sepuluh negara anggota ASEAN, bisa dibilang jika Indonesialah negara terluas dan berpenduduk terbanyak di antara yang lain. Indonesia berperan penting di bidang kemaritiman. Dengan sebutan sebagai negara kepulauan dan kondisi geografis yang mendukung, maka Indonesia banyak memberikan kontribusi untuk organisasi tersebut. Lalu ada Singapura yang berkebalikan dari Indonesia.

Negara Anggota ASEAN :

  • Singapura (negara pendiri)
  • Thailand (negara pendiri)
  • Filipina (negara pendiri)
  • Indonesia (negara pendiri)
  • Malaysia (negara pendiri)
  • Myanmar (23 Juli 1997)
  • Kamboja (16 Desember 1998)
  • Brunei Darussalam (7 Januari 1984)
  • Vietnam (28 Juli 1995)
  • Laos (23 Juli 1997)

Wilayah Singapura merupakan yang terkecil, namun jangan ditanya dari segi pendapatan per kapitanya. Singapura termasuk satu negara terkaya di dunia. Bendera negara ASEAN yang satu ini hampir sama dengan Indonesia. Sedangkan negara Malaysia termasuk negara dengan pendapatan per kapita yang tinggi di antara negara lainnya, selain Singapura.

Kemudian ada juga Thailand yang merupakan negara dimana ASEAN didirikan melalui Persetujuan Deklarasi Bangkok. Negara berbentuk monarki kerajaan ini menjadi salah satu pendiri ASEAN. Ada pula Vietnam yang memiliki mana uang Dong. Negara dengan luas 331 ribu ini menjadi negara ke tujuh yang bergabung. Diikuti dengan Myanmar yang beribukota di Naypyidaw. Negara yang dulu bernama Burma ini memiliki mata uang Kyat.

Bendera Negara ASEAN

Myanmar bergabung bersamaan dengan Laos. Laos sendiri memiliki ibu kota Vientiane dan mata uang Kip. Bisa dibilang jika Laos merupakan salah satu negara termiskin di antara negara lainnya. Terakhir ada Kamboja dan Brunei. Brunei sendiri merupakan negara dengan pendapatan per kapita tertinggi kedua di ASEAN. Mata uangnya adalah Dollar Brunei. Sedangkan Kamboja yang beribukota di Phnom Penh ini memiliki mata uang Riel.

Lambang negara ASEAN merupakan gabungan dari 10 batang padi dengan lingkaran. Warnanya adalah merah, kuning, biru, dan putih. Masing-masing memiliki makna misalnya pelambang kedamaian, keberanian, kesucian, kemakmuran, serta persatuan dari negara ASEAN. Bendera Negara ASEAN ini diresmikan pada Juli 1997. Demikian sekilas informasinya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *