Assalamualaikum WR WB : Arti, Makna dan Tulisan Arab Yang Benar

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Assalamualaikum WR WB – Dalam Islam, seluruh umatnya diajarkan untuk bisa pandai dalam berkata baik dan mendoakan saudaranya. Tentunya hal ini demi bisa menjalin silaturahmi dan keakraban yang baik antar umatnya. Salah satunya adalah dengan kebiasaan dalam mengucapkan salam. Untuk sesama muslim, ucapan salam yang digunakan dan tentunya sudah familiar di telinga yakni assalamualaikum.

Mungkin Anda sudah akrab sekali dengan tulisan assalamualaikum Arab karena memang ada banyak sekali ditempel di depan rumah, masjid dan tempat lainnya. Hal ini tentu demi mengingatkan untuk bisa selalu mengucap salam kapanpun dan dimanapun sebelum masuk ke suatu tempat hingga bertemu dengan sesama umat muslim. Tulisan Arab assalamualaikum ini bahkan tak hanya bisa dibaca oleh umat muslim saja, tapi non muslim pun bisa tahu cara membacanya lantaran sangat familiar.

Tulisan Assalamualaikum Arab / Latin Yang Benar

Makna dari assalamualaikum Arab adalah “semoga keselamatan terlimpah kepadamu”. Kalimat tersebut merupakan sunnah dan juga doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Saat memberikan salam dengan mengucapkan kalimat tersebut, maka maknanya Anda sedang mendoakan untuk sesama muslim berupa kebaikan yakni keselamatan untuk dunia dan akherat, rahmat hingga segala jenis keberkahan Allah SWT. Hal ini tentu sesuai dengan arti assalamualaikum itu sendiri.

Makna Assalamualaikum WR WB

Jika diterjemahkan per kata, makna dari tulisan assalamualaikum adalah salam yakni keselamatan, ‘ala yakni untuk atau atas dan kum bermakna kalian. Tidak peduli tulisan tersebut assalamualaikum Arab  atau dengan bahasa Indonesia, asal pelafalannya benar maka ini akan menjadi sebuah doa yang baik.

Dengan adanya salam, maka tentu akan bisa merekatkan persaudaraan sesama umat muslim. Tak heran jika ketika berjumpa dengan sesama saudara muslim baik yang dikenal dan bahkan tidak dikenal sekalipun, ucapan ini seolah bisa jadi pemersatu.

Tulisan assalamualaikum Arab begitu mudah ditemui. Bahkan sudah ada banyak sekali kaligrafi assalamualaikum yang indah dan kerap jadi pajangan. Meski demikian belum tentu semua orang tahu dengan hukum pengucapannya.

Pada dasarnya hukum dalam mengucapkan salam adalah sunnah yakni jika dilakukan akan mendapat pahala, tapi jika tidak pun tidak berdosa. Tapi berbeda dengan hukum yang mendengar salam tersebut yakni wajib untuk menjawabnya sehingga jika tidak menjawab adalah berdosa.

Tiga Tingkatan Salam dalam Islam

Berdasarkan kitab Al-adzkar yang merupakan karya dari Imam Nawawi, ada 3 tingkatan salam yang bisa dipakai untuk sapaan atau doa bagi sesama muslim lain yaitu:

  • Assalamualaikum yang maknanya adalah semoga keselamatan terlimpah kepadamu.
  • Assalamualaikum Warahmatullah yang maknanya adalah semoga keselamatan serta rahmat dari Allah terlimpah kepadamu.
  • Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh yang maknanya adalah semoga Allah limpahkan keselamatan, rahmat serta keberkahan kepadamu atau kalian.

Makna dari ucapan salam bukan semata hanya untuk basa basi saja, tapi lebih besar daripada itu. Makna ucapan salam antar sesama umat muslim bisa bermakna bentuk saling menghormati dan mencintai karena sedang mendoakan orang lain. Selain itu, ucapan salam juga menjadi bukti jika sesama muslim harus saling mengingatkan untuk senantiasa mengingat Allah dimanapun. Ucapan salam juga bisa memberi rasa bahagia pada yang mengucap dan menjawab lantaran berisikan doa yang baik.

Jika ada yang berucap assalamualaikum, maka jawablah dengan Waalaikumussalaam Warahmatullahi Wabarakatuh. Maknanya adalah semoga keselamatan serta rahmat Allah dan juga keberkahan-Nya terlimpah pula padamu atau pada kalian. Dengan saling berucap salam dan menjawab salam, maka tentu Anda akan bisa saling menyambung tali persaudaraan dengan lebih erat.