Pengertian Apa itu Introvert Beserta Ciri dan Kelebihannya

Pengertian Introvert – Pernahkah Anda bertanya jenis kepribadian seperti apa yang Anda miliki? Jenis kepribadian digolongkan menjadi tiga yaitu introvert, ekstrovert, dan ambivert. Apa itu introvert? Introvert adalah jenis kepribadian yang tertutup dan bersikap pendiam, namun bukan berarti mereka tidak bisa diajak bersosialisasi. Kepribadian introvert memang lebih menikmati waktunya untuk menyendiri dan umumnya mereka juga kurang cocok berada di situasi yang hiruk-pikuk. Namun berkat sifatnya  yang pendiam dan pribadi yang tenang, mereka memiliki kecerdasan yang lebih tinggi ketimbang jenis kepribadian lainnya.

Arti Introvert Adalah ?

Sesuai keterangan di atas, introvert adalah adalah kepribadian yang lebih suka menikmati waktu dengan dunianya sendiri. Sayangnya masyarakat yang tidak paham dengan pengertian introvert sering mengecapnya sebagai pribadi yang pemalu dan menutup diri dari lingkungan sosial. Akhirnya arti introvert dalam masyarakat mendapat pandangan yang miring.

Jadi apa itu introvert sebenarnya? pengertian introvert secara teori adalah sebutan bagi mereka yang lebih tertarik kepada inward thinking atau pemikiran dalam diri mereka sendiri. Kondisi inilah yang membuat perilaku mereka terkesan seperti pendiam di mata orang lain. Rata-rata kepribadian introvert sangat selektif  dalam memilih orang yang ingin dijadikannya objek bersosialisasi. Daripada memiliki banyak teman, kepribadian ini lebih memilih punya satu atau dua teman saja asalkan bisa  bisa dipercaya.

Ciri Ciri dan Kelebihan Orang Introvert

Orang-orang berkepribadian tertutup ini secara tidak sengaja menunjukkan sifat unik yang dapat digolongkan ke dalam ciri ciri introvert, ciri Introvert adalah seperti berikut ini.

  • Menghindari Komunikasi yang Tidak Dibutuhkan

Jika ditanya lagi apa itu introvert? Maka mereka adalah pribadi yang cenderung menginginkan ketenangan dan hal tersebut sudah seperti kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan. Tak heran bila hal ini secara otomatis membuat mereka menghindari komunikasi yang tidak perlu dan lebih suka bicara langsung ke intinya. Namun introvert sebenarnya adalah pendengar yang baik dan merupakan orang yang sangat peka, jika Anda sudah akrab dengan tipe kepribadian ini tidak perlu sungkan mengajaknya bicara.

  • Menjauhi Keramaian

Ciri ciri introvert selanjutnya yaitu seperti kebiasaannya yang lebih memilih jalan sepi daripada harus lewat di keramaian. Seorang berkepribadian introvert artinya rela berjalan memutar ataupun menempuh jalan lebih jauh asalkan mereka tidak terganggu oleh situasi yang ramai.

  • Sulit Berkomunikasi

Melihat Arti introvert yang suka menyendiri lantas bukan berarti bahwa mereka punya sikap yang dingin. Tetapi pemilik kepribadian Introvert artinya memiliki caranya sendiri untuk berkomunikasi dengan lebih enteng. Kebanyakan tipe kepribadian ini lebih nyaman saat menuliskan apa yang ingin dikatakannya daripada harus berbicara dan bertatap mata. Terkadang kondisi ini juga berlaku pada teman akrab atau bahkan keluarga mereka sendiri.

  • Introvert Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Walapun bersifat lebih tertutup namun sebenarnya Introvert adalah orang yang punya banyak kelebihan, sebab waktu yang mereka habiskan untuk menyendiri digunakan untuk berpikir. Kelebihan introvert juga bisa dilihat saat mereka sedang berkomunikasi. Sebenarnya jika dibilang kepribadian ini adalah orang yang sulit berkomunikasi tidak sepenuhnya benar, karena mereka berpikir terlebih dahulu dan melihat situasi sebelum melontarkan perkataan.

Sehingga gaya bahasa yang mereka gunakan telah disesuaikan dengan kondisi yang mereka amati. Tak heran bila introvert boss memiliki pemahaman cara memimpin yang cakap, karena mereka adalah pendengar yang baik dan selalu mengambil keputusan bijak yang di dasari analisa.

Kelebihan introvert yang selanjutnya yaitu memiliki sikap yang rendah hati, seperti yang diketahui Introvert adalah kepribadian yang peka sehingga mereka dapat dengan mudah memaafkan kesalahan rekan kerjanya. Selain itu Introvert boss sangat bisa diandalkan, karena mereka terbuka dengan masukan dan ide baru dari timnya.

Gambar Gravatar
arenabelajar.com merupakan perpustakaan online yang mengulas ragam ilmu pengetahuan untuk media pembelajaran siswa siswa berprestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *