Pengertian Integrasi, Integrasi Nasional, dan Integrasi Sosial

  • 2 min read
  • Mei 29, 2019

Integrasi adalah suatu kondisi saat beberapa kelompok etnis saling berbaur dan beradaptasi dengan kebudayaan setempat. Tetapi kebudayaan yang mereka bawa tetap dilakukan dan dipertahankan. Dalam Indonesia pengertian Integrasi sendiri punya banyak keterkaitan dengan banyak kebudayaan, agama dan juga ras, untuk lebih jelasnya akan dibahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Integrasi Nasional dan Integrasi Sosial

  1. Integrasi Nasional

Integrasi nasional adalah proses bersatunya berbagai perbedaan aspek di dalam  masyarakat melalui upaya negara, perbedaan tersebut meliputi suku, agama dan budaya pada masyarakat. Sehingga dengan upaya integrasi ini diharapkan dapat terjadi keselarasan pada setiap penduduk di negara tersebut.

Namun sayangnya karena kemajemukan yang dimiliki bangsa ini terkadang malah menjadi senjata makan tuan. Perseteruan yang disebabkan perbedaan budaya ataupun agama kerap terjadi dan hal ini tentunya harus dihentikan. Padahal dalam proses terjadinya integrasi adalah didukung oleh kesadaran masyarakat dalam menjalin persaudaraan tanpa memandang perbedaan sedikitpun. Tentunya isu seperti SARA akan menjadi penghambat terjadinya integrasi nasional yang baik.

Integrasi nasional di Indonesia sendiri sudah diwujudkan sejak dulu, adapun beberapa bentuknya seperti sumpah pemuda, Pancasila dan bhineka tunggal ika, undang-undang, lagu kebangsaan  serta sejumlah bukti sejarah lainnya. Bentuk Integrasi ini bukan hanya sebagai peninggalan sejarah saja namun agar diterapkan dalam kehidupan berwaga negara yang rukun.

Pengertian integrasi nasional telah diperjelas dalam sila ke 3 pada dasar negara yaitu persatuan Indonesia, hendaknya hal ini bisa diterapkan melalui rasa gotong royong dalam membangun NKRI. Dampak positif dari penerapan integrasi nasional adalah tercapainya sudut pandang yang setara bagi semua kalangan masyarakat. Sehingga hal ini akan membangun hukum yang adil dan manusia yang saling menghargai satu sama lain.

Jadi bisa disimpulkan bahwa dalam lingkup nasional integrasi adalah upaya mempersatukan yang disusun sedemikian rupa agar tercipta warga negara yang hidup rukun dan harmonis. Arti Integrasi inipun telah disusun ke dalam dasar negara dan undang-undang yang dapat membantu masyarakat dalam menjalin kebhinekaan.

  1. Integrasi Sosial

Lain halnya pengertian integrasi nasional yang menyatukan masyarakat melalui perantara seperti dasar negara ataupun wujud tertulis lainnya. Dalam integrasi sosial sebuah persatuan terbentuk secara spontan atas kesadaran masyarakat yang terdiri dari banyak budaya yang berbeda.

Integrasi ini tercipta dari rasa solidaritas dan kerukunan antar masyarakat yang memiliki tujuan sama yaitu hidup sebagai warga negara yang damai dan harmonis. Biasanya cara paling cepat dalam mencapai integrasi sosial ini bisa dilakukan dengan perkawinan campuran, sehingga dua budaya dapat disatukan tanpa adanya pertentangan.

Namun, arti integrasi yang sebenarnya juga bisa diterapkan melalui sikap toleransi, melalui sikap ini akan membangun komunikasi yang baik diantara dua kebudayaan yang bersebrangan. Sehingga rasa pengertian terhadap sesama akan muncul dengan sendirinya. Tujuan sikap toleransi dalam  Integrasi adalah agar tidak memicu terjadinya permusuhan karena perbedaan sudut pandang dalam beragama maupun adat istiadat.

Contoh Integrasi Nasional dan Sosial

Contoh tercapainya pengertian Integrasi sosial ini seperti umat hindu dan umat muslim yang hidup berdampingan di pulau Bali. Karena adanya sikap saling mengerti umat muslim di Bali tidak mengumandangkan adzan lewat pengeras suara saat umat hindu sedang melaksanakan nyepi. Maka dari itu kebersamaan yang indah dan kerukunan disana dapat terjaga dengan baik hingga saat ini.

Dengan ini dapat disimpulkan bahwa integrasi adalah proses komunikasi agar dapat mencapai kehidupan yang harmonis dan saling menghargai walaupun terdapat banyak perbedaan. Sebagai warga negara yang teladan hal ini tentunya bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, agar kerukunan bangsa ini tetap terjaga.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *