Implikasi Adalah? Berikut Arti Implikasi dan Contoh Implikasi Penelitian

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Definisi Implikasi – Dalam bidang penelitian, sering terdengar istilah implikasi. Sebenarnya, apa arti implikasi jika ditinjau secara bahasa dan konteks keilmuan? Secara bahasa, menurut KBBI implikasi adalah keterlibatan atau keadaan terlibat. Sedangkan, dalam konteks keilmuan, pengertian istilah ini merujuk pada konsekuensi atau akibat yang mungkin ditimbulkan dari sebuah kegiatan penelitian. Selain itu, istilah ini juga berkaitan dengan konsolidasi. apa itu konsolidasi? Simak ulasannya berikut.

Pengertian Implikasi Menurut Para Ahli

Sebelum beranjak pada contoh, ada baiknya terlebih dahulu Anda memahami makna dari implikasi dalam bidang penelitian. Implikasi penelitian dapat dipahami sebagai kesimpulan dari temuan pada suatu penelitian, atau konsekuensi secara langsung yang terjadi dari temuan penelitian.

Dalam konteks penelitian, implikasi adalah metode yang harus dilakukan sebelum proses konsolidasi. Pengertian konsolidasi adalah perbuatan untuk memperkuat dua hal. Jika lebih dalam lagi kita berusaha memahami apa itu konsolidasi dalam konteks penelitian, maka konsolidasi suatu tahap yang digunakan untuk memperkuat hipotesa dalam penelitian.

Agar semakin memahami bagaimana contoh kesimpulan atau hasil akhir dalam bidang penelitian, mari kita simak tujuan dan contoh implikasi penelitian berikut ini. Dalam penelitian, tujuan implikasi adalah membuat perbandingan dari hasil penelitian yang sebelumnya sudah ada dengan hasil penelitian yang terbaru, atau baru saja dilakukan kembali melalui sebuah metode baru.

Contoh Implikasi Penelitian

Dari sana, maka dibuatlah beberapa metode  yang ditujukan agar tujuan implikasi dalam penelitian dapat tercapai. Berikut ini adalah contoh-contoh metode implikasi dalam penelitian yang harus Anda ketahui.

  • Teoretis

Arti implikasi teoretis dalam konteks penelitian adalah suatu kondisi di mana para peneliti mempergunakan kelengkapan data gambar-gambar atau foto untuk memperkuat hasil penelitian.

  • Metodologi

Hasil akhir metodologi pada implikasi penelitian membahas mengenai metode dari beragam teori yang digunakan dalam penelitian. Seorang peneliti menggunakan metodologi sebagai refleksi dari hasil penelitiannya. Tujuan dari metodologi ini adalah menjelaskan situasi, tantangan dan kesulitan yang ditemui peneliti dalam proses penelitiannya.

  • Manajerial

Manajerial menjelaskan tentang hasil akhir dari sebuah penelitian atau disebut juga kebijakan yang memiliki hubungan dengan proses penelitian. Metode ini juga dipergunakan dalam ilmu manajemen, contohnya:

  1. Prosedural: yaitu hasil akhir yang bersifat anilitis dan membahas tentang cara-cara analisis
  2. Substantif: merupakan jenis hasil akhir yang membahas tentang perkiraan rencana atas sebuah tindakan.
  • Logika Matematika

Metode logika matematika adalah perumusan dari jenis-jenis hasil dalam rumusan matematika

  • Implikasi Dalam Kepemimpinan

Metode ini mengkaji tentang prinsip-prinsip serta unsur-unsur dalam kepemimpinan. Metode ini dipergunakan sebagai penentu sikap seorang pemimpin dalam perusahaan atau organisasi. Hal ini juga berhubungan dengan adanya konsolidasi dimana sesuai dengan pengertian konsolidasi.

  • Etika

Implikasi adalah hal yang juga berkaitan dengan etika. Tidak heran jika metode ini merupakan jenis hasil akhir yang dilakukan untuk mengkaji hal-hal yang menjadi kebiasaan untuk dilakukan dalam kehidupan sosial. Contoh paling nyata yakni aturan untuk menghormati orang yang lebih tua dan tata krama bertindak tanduk dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Budaya

Metode budaya mengkaji tentang bagaimana seseorang harus bersikap secara tepat dalam kebudayaan. Menjunjung tinggi kebudayaan seharusnya tidak membuat seseorang merendahkan budaya lain, justru menggunakan hikmat budayanya untuk menghormati sesama manusia dari beragam latar belakang budaya.

  • Globalisasi

Metode ini mengkaji tentang dampak dari globalisasi terhadap kehidupan masyarakat dalam segala aspek, baik ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan hingga pertahanan dan keamanan.

Itulah ulasan tentang pengertian implikasi dan berbagai metodenya. Implikasi adalah hal yang harus kita pahami untuk melangsungkan proses penelitian agar dihasilkan hasil penelitian yang bermanfaat dan membuahkan pemikiran-pemikiran yang maju dan berkembang.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *