Barakallah Fii Umrik : Berikut Penjelasan Arti dan Jawaban yang Benar

  • 2 min read
  • Mei 26, 2019

Barakallah Fii Umrik Artinya – Agama Islam adalah agama yang mayoritas dianut oleh masyarakat Indonesia. Dalam agama Islam, bahasa yang umum dipakai adalah bahasa Arab sehingga cukup banyak penggalan kata dan doa bahasa Arab yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat. Salah satu kalimat yang banyak dipakai yakni barakallah fii umrik. Meski sudah umum dipakai, ternyata masih banyak yang belum tahu arti dari barakallah fii umrik.

Barakallah fii umrik adalah ucapan atau kalimat yang umum dipakai oleh umat Islam ketika ada saudaranya yang sedang mendapatkan berkah penambahan umur. Kalimat tersebut sebetulnya memiliki pendalaman makna untuk tiap orang secara berbeda-beda. Secara umum barakallah fii umrik arab dipakai ketika ada seseorang, teman atau saudara yang sedang berulang tahun.

Arti dan Penulisan Barakallah Fii Umrik

Ada yang menganggap jika memberikan ucapan selamat saat ada seseorang yang berulang tahun adalah tidak diperkenankan. Meski demikian, ada juga yang menganggap tidak apa-apa karena dianggap sebagai doa.

Mayoritas ucapan ini sudah sangat umum digunakan karena menggambarkan sebuah rasa gembira lantaran ada saudaranya yang diberikan berkah berupa panjang umur. Hal ini sesuai dengan arti barakallah fii umrik karena mengandung makna yang baik.

Sebelum menjelaskan arti barakallah fii umrik, ada baiknya mengenal terlebih dulu tentang momen ulang tahun. Ulang tahun sendiri diartikan adanya hari dimana di tanggal tersebut dirinya lahir dan memulai kehidupan.

Dalam berbagai kebudayaan dan negara, ulang tahun dirayakan secara berbeda-beda, tapi mayoritas adalah dengan mengadakan pesta atau sekedar syukuran. Perayaannya pun dilakukan bersama dengan keluarga dan teman terdekat.

Dalam Islam, beberapa ulama menyatakan jika perayaan ulang tahun adalah haram, tapi ada juga yang menyatakan jika perayaan semacam ini adalah boleh (mubah). Hal ini lantaran perayaan ulang tahun merupakan adopsi dari kebudayaan bangsa lainnya.

Terlepas dari itu semua, tentu kegembiraan karena datangnya ulang tahun pun harus disikapi dengan bijaksana dan ladang untuk saling mendoakan antar sesama. Salah satunya adalah dengan arti barakallah fii umrik ini. Barakallah fii umrik  artinya adalah semoga kamu mendapat berkah dari Allah SWT di usiamu.

Jika dilihat kembali, arti barakallah fii umrik tersebut memiliki makna doa di dalamnya. Bahkan terkadang ucapan ini pun dipakai dalam pengucapan selamat lainnya misalnya ucapan saat seseorang baru saja menikah hingga ketika ada bayi yang baru saja lahir. Perlu diketahui juga jika ucapan barakallah fii umrik  untuk laki laki berbeda dengan pengucapan untuk wanita.

Jawaban Barakallah Fii Umrik

Tentu Anda tahu jika ada tata bahasa Arab yang membedakan antara pengucapan untuk wanita dan juga pria. Hal ini pun berlaku dalam pengucapan barakallah fii umrik ini. Pengucapan barakallah fii umrik  untuk wanita adalah dengan barakallah dan kemudian diikuti dengan fiiki, jika laki-laki maka diikuti dengan fiika. Namun jika Anda ingin mengucapkannya untuk banyak orang, maka barakallah diikuti dengan fiikum.

Biasanya ketika ada orang yang mengucapkan doa atau ucapan, maka Anda tentu harus menjawabnya dengan yang baik pula. Begitu juga jika ada yang mengucapkan barakallah fii umrik, maka Anda bisa menjawabnya dengan wa fiikum barakallah yang maknanya adalah semoga Allah SWT pun memberikanmu keberkahan. Jika memang Anda lupa atau sulit mengingat jawaban ucapan ini, maka bisa juga dengan mengucapkan terima kasih, syukron atau jazakallah.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *