Pengertian Akomodasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Contohnya

  • 2 min read
  • Jul 15, 2019

Pengertian Akomodasi – Menurut KBBI, arti akomodasi merupakan fasilitas penginapan yang disediakan oleh suatu perusahaan bagi karyawannya yang melakukan tugas diluar kota. Dalam makna lainnya, pengertian akomodasi lebih kepada cara menyelesaikan masalah antara dua belah pihak yang memiliki konflik. Ternyata, kata ini ternyata memiliki banyak makna tergantung kepada konteks kalimatnya. Apa sajakah itu? Marilah kita urai beberapa maknanya

Akomodasi Adalah ? Berikut Pengertian dan Contohnya

Banyak yang belum mengerti mengenai apa itu akomodasi. Terkadang, beberapa orang kurang mengerti bahwa istilah ini memiliki banyak makna. Istilah ini memang lebih terkenal dalam bidang traveling atau perjalanan. Sebelum lebih jauh, perhatikan beberapa bahasan di bawah ini.

Akomodasi memiliki 3 makna dalam bahasa Indonesia. Dilihat dari 3 aspek yang berbeda yaitu dari segi psikologi, segi traveling dan sisi mata atau penglihatan. Arti akomodasi menurut sisi psikologi adalah usaha yang dilakukan untuk mencari solusi permasalahan atau problem yang terjadi antara da pihak tanpa merugikan salah satu. Disini, arti istilah ini lebih kepada proses mediasi untuk mencari jalan tengah menyelesaikan permasalahan.

Pengertian akomodasi di atas merupakan bentuk kata kerja dimana istilah ini menjadi suatu kegiatan atau aktivitas melakukan sesuatu pekerjaan. Untuk lebih jelasnya, istilah ini merupakan kosakata yang menunjukkan kata kerja. Contoh, Manager Area sedang mengakomodasi kritik dan masukan dari  supervisor untuk diteruskan kepada jajaran BOD.

Bentuk akomodasi yang sering dilakukan untuk menyelesaikan masalah ada beberapa macam  yaitu

  • Kompromi, dimana kedua belah pihak melakukan musyawarah
  • Konsiliasi, dalam hal ini akomodasi adalah proses pertemuan dua belah pihak yang bertikai
  • Toleransi, adalah bentuk dimana kedua belah pihak mengandalkan asas saling pengertian
  • Coercion, adalah contoh akomodasi dengan cara memaksa
  • Arbitrasi, adalah dengan cara menghadirkan orang ketiga sebagai media atau pihak penengah.
  • Ajudikasi adalah cara menyelesaikan masalah dengan membawanya ke proses pengadilan.

Contoh Akomodasi

Contoh akomodasi yang paling banyak dilakukan adalah dengan cara musyawarah. Cara ini terbilang efektif untuk mengatasi masalah yang belum terlalu membesar. Hal ini juga sesuai dengan asas kehidupan kita yang berdasarkan pancasila. Secara umum, akomodasi adalah jembatan untuk menyelesaikan pertikaian kedua belah pihak dengan usaha mendapatkan hasil yang adil dan bisa diterima oleh pihak-pihak yang bertikai.

Pengertian akomodasi dilihat dari sisi traveling memiliki makna yang cukup jauh berbeda. Inilah arti akomodasi yang paling sering kita dengar. Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, istilah ini memiliki pengertian yang sangat jauh berbeda. Dalam bidang traveling, istilah ini dikenal sebagai tempat menginap ketika orang hendak bepergian jauh.

Bentuk akomodasi pada sisi ini merupakan bentuk kata benda yaitu lebih mengarah pada tempat menginap seperti hotel atau losmen. Disini, akomodasi adalah tempat menginap yang akan dituju selama masa bepergian atau traveling. Ada banyak jenis tempa menginap yang ditawarkan oleh biro atau jasa perjalanan.

Akomodasi bisa berbeda makna jika digunakan dalam konteks yang berbeda. Apa itu akomodasi jika dilihat dari sisi mata? Dalam hal penglihatan, istilah ini berarti penyesuaian mata untuk melihat fokus penglihatan. Disini berarti bahwa mata memiliki kemampuan menyesuaikan dalam membentuk bayangan. Hal ini dikarenakan banyak faktor seperti pengaruh cahaya, bentuk lensa mata, dan lain sebagainya.

Sebagai kesimpulannya, akomodasi adalah satu kata yang memiliki banyak makna. Anda bisa menggunakan istilah ini sesuai dengan konteks  kalimat yang sesuai. Itulah tadi beberapa uraian singkat yang bisa diberikan. Selamat belajar.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *