6 Agama di Indonesia yang Diakui Beserta Tempat Ibadahnya

  • 3 min read
  • Jan 01, 2019

Agama di Indonesia yang diakui ada 6 yaitu Islam, Budha, Hindu, Kristen katolik , Kristen protestan, dan juga Kong Hu Chu. Indonesia terkenal sebagai negara dengan keberagaman di segala hal, mulai dari suku bangsa, bahasa dan agama. Salah satu keragaman yang banyak mendapat pujian adalah keragaman agama di Indonesia yang mana setiap pemeluknya bisa hidup berdampingan dalam toleransi.

Berdasarkan Undang-Undang, agama yang diakui di Indonesia sendiri ada 6 agama yang diakui di Indonesia. Tentu saja dengan banyaknya jumlah agama yang diakui ini tidak datang dengan sendirinya, melainkan melalui proses dan sejarah yang panjang.

6 Agama di Indonesia dan Tempat Ibadahnya

tempat ibadah agama di indonesia
tempat ibadah agama di indonesia
  • Islam tempat ibadahnya di Masjid
  • Kristen katolik tempat ibadahnya di Gereja
  • Hindu tempat ibadahnya di Pura
  • Budha tempat ibadahnya di Wihara/ Vihara
  • Kong Hu Chu tempat ibadahnya di Klenteng
  • Kristen Protestan tempat ibadahnya di Gereja

Sudah umum diketahui bahwa Indonesia memiliki 6 agama yang diakui secara hukum di Indonesia. Agama yang diakui di Indonesia itu antara lain, Islam, Kristen, Protestan, Hindu, Budha dan Konghuchu. Sejarah penyebaran agama di Indonesia juga menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan. Hal tersebut karena sebelum adanya 6 agama yang diakui di Indonesia, mayoritas masyarakat di Indonesia hanya memeluk kepercayaan animisme dan dinamisme hingga kemudian agama hindu dan budha mulai masuk ke Indonesia.

Nah, untuk mengenal lebih dalam tentang agama di Indonesia itu, berikut adalah penjelasan lengkap tentang 6 agama di Indonesia lengkap beserta informasi tempat ibadah dan hari besarnya.

Agama Islam

Dari 6 agama di Indonesia, agama Islam adalah agama mayoritas dengan jumlah terbanyak di Indonesia yakni mencapai 87% lebih atau setara dengan 207 juta jiwa lebih. Tempat ibadah yang digunakan oleh umat Islam untuk menjalankan ibadah adalah masjid. Di dalam Islam terdapat beberapa hari besar yang selalu dirayakan, diantaranya adalah Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha serta beberapa hari besar keagamaan lainnya. Islam di Indonesia tak lepas dari peran tokoh pengembang agama Islam di Indonesia, diantaranya adalah Wali Songo.Agama Kristen Katolik

Agama Kristen Katolik adalah agama yang diakui di Indonesia selanjutnya yang memiliki pemeluk dengan jumlah yang cukup banyak pula. Para pemeluk agama ini juga menjalankan ibadah di tempat ibadah yang sama dengan agama kristes protestan yaitu gereja.

Hindu

Pemeluk agama Hindu memang tak sebanyak pengikut agama lain, namun sebagai salah satu agama di Indonesia yang diakui secara hukum, pemeluk agama Hindu juga dijamin dalam menjalankan ibadah. Untuk tempat ibadah sendiri, pemeluk agama Hindu ini beribadah di Pura. Pemeluknya pun menyebar di seluruh wilayah Indonesia, namun memang paling banyak ditemukan di Pulau Bali.

Budha

Selanjutnya ada agama Budha yang merupakan agama yang dianggap agama di Indonesia yang paling awal muncul. Agama Budha bahkan sudah mulai dianut oleh mayoritas masyarakat Indonesia sejak jaman kerajaan dulu. Pemeluk agama Budha menjalankan ibadah di Vihara.

Konghuchu

Keberagaman agama di Indonesia semakin bertambah sejak era reformasi dimana pemerintah menetapkan Konghuchu sebagai salah satu agama yang resmi dan diakui di Indonesia. Meskipun pemeluknya masih tergolong sedikit, setiap perayaan hari besar agama Konghuchu, semua pemeluk agama lain juga saling menghormati.

Kristen Protestan

Agama di indonesia yang terahir ini merupakan pecahan dari agama kristen katolik yakni kristen protestan. Tempat ibadah agama protestan sejatinya sama dengan agama kristen katolik yakni didalam gereja protestan.

Sebagai negara majemuk Indonesia terkenal karena keberagamannya. Dengan adanya keberagaman agama yang diakui di Indonesia ini tak lantas membuat semua masyarakat Indonesia terpecah, justru sebaliknya saling menghormati kepercayaan masing-masing. Lihat saja contohnya di bidang agama dimana agama yang diakui di Indonesia tergolong banyak, namun bisa hidup berdampingan dalam damai..

Keuntungan lain dari adanya keberagaman agama yang ada di Indonesia membuat tempat ibadah agama di Indonesia juga beragam, bahkan beberapa diantaranya banyak dijadikan sebagai destinasi wisata religi bagi pemeluknya. Salam berbeda beda tetapi satu jua.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *