Afiliasi Adalah? Berikut Arti Apa Itu Afiliasi dan Contoh Bisnis Afiliasi

  • 2 min read
  • Jul 28, 2019
pengertian afiliasi

Bisnis Afiliasi – Apa Anda pernah mendengar istilah afiliasi? Mungkin masih banyak yang asing dengan istilah yang satu ini. Afiliasi adalah kata yang memang jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga banyak yang tidak tahu. Untuk Anda yang bergerak di bidang bisnis pasti tidak asing lagi dengan apa itu afiliasi. Dalam bisnis online, arti afiliasi tidak jauh-jauh dengan belanja online dan hal terkait. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijabarkan pengertian afiliasi dan contoh bisnisnya.

Afiliasi artinya yaitu hubungan atau ikatan. Hubungan afiliasi adalah hubungan yang terjalin secara resmi dan tidak main-main. Secara sederhana pengertian afiliasi yaitu sebuah ikatan atau hubungan yang dilakukan dua atau beberapa orang dengan tujuan yang sama untuk mendapatkan keuntungan.

Pengertian Afiliasi Secara Umum

Arti afiliasi tergantung dari bidang yang bersangkutan. Setiap bidang memiliki makna yang berbeda tapi inti dari afiliasi artinya sama yaitu hubungan. Berikut ini adalah pengertian apa itu afiliasi dari berbagai bidang :

  1. Pengertian afiliasi dalam ilmu Psikologi

Dalam bidang psikologi, afiliasi adalah hubungan yang terjalin dari beberapa orang akibat rasa saling membutuhkan untuk mendapatkan tujuan yang sama.

  1. Pengertian afiliasi dalam Perusahaan

Dalam dunia bisnis ada istilah perusahaan afiliasi, afiliasi dalam perusahaan memiliki pengertian yaitu satu atau lebih perusahaan yang berada dalam satu induk perusahaan. Atau yang juga bisa disebut anak perusahaan.

  1. Pengertian afiliasi dalam Pemasaran

Dalam bidang pemasaran, afiliasi adalah memasarkan produk yang dimiliki suatu perusahaan dengan sebelumnya mendaftar dulu sebagai afiliate marketer. Afiliate marketer akan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk perusahaan.

Contoh Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi sangat berguna jika dilakukan karena dengan afiliasi, produk bisa dipasarkan dengan baik tanpa modal yang besar. Sebagai afiliasi Anda akan dibayar jika produk yang dipasarkan terjual. Jadi secara gampang dalam bisnis, afiliasi adalah makelar atau calo. Berikut ini ada beberapa contoh bisnis afiliasi yang bisa Anda ikuti :

  1. Program dari afiliasi Lazada

Kini di dunia yang serba online, afiliasi juga berkembang dan marak di dunia online. Jual beli online seperti Lazada juga diikuti oleh banyak orang karena lebih mudah dilakukan dimana saja. Afiliasi lazada merupakan program yang hampir sama dengan afiliasi online lain, Anda akan menerima bayaran sesuai dengan hasil jual yang dilakukan.

Lazada merupakan aplikasi jual beli online yang banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi ini sangat mendukung program afiliasi dengan penawaran yang mudah dan keuntungan yang diberikan cukup tinggi. Anda bisa mendapatkan komisi hingga 10% jika menggunakan program afiliasi yang ada di aplikasi lazada.

Lazada termasuk ke dalam aplikasi yang mendukung afiliasi dengan baik, karena memiliki tim dukungan dari 6 negara, teknologi dengan berbagai media promosi, cara pembayaran mudah, dan waktu validasi yang singkat.

  1. Program afiliasi dari toko herbal

Program sebuah afiliasi tidak hanya diberikan oleh aplikasi online besar saja, tapi juga diberikan oleh toko biasa seperti toko herbal. Sebagai toko obat-obatan herbal menawarkan sebuah afiliasi yang bisa Anda ikuti. Keuntungan yang didapatkan mungkin tidak sebesar aplikasi besar, namun untuk belajar program yang dilakukan toko kecil bisa dicoba.

Itulah informasi mengenai arti afiliasi dan juga contoh bisnisnya secara nyata yang bisa Anda lakukan jika tertarik. Secara umum afiliasi adalah hubungan yang terjalin dari dua pihak yang saling diuntungkan. Dengan adanya afiliasi kedua pihak akan untung secara bersama-sama tanpa ada yang dirugikan.